Babin Kamtibmas Turun ke Pasar


Kamis, 31 Maret 2016 - 15:42:09 WIB

PADANG, HALUAN — Peran seorang Bintara Pembina Keamanan dan Ke­tertiban Masyarakat (Babin Kam­tibmas) dalam mengayomi dan me­lindungi ma­syarakat sejatinya sa­ngatlah dibutuhkan oleh masyarakat yang membutuhkan rasa aman dan terlindungi.

Sebagai garda terdepan yang bera­da langsung di tengah masyarakat, tentunya seorang Babin Kamtibmas harus menge­tahui bagaimana watak masyarakatnya dan seperti apa kondisi dari lingkungannya.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Babin Kamtibmas Kelurahan Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah, Aiptu Mari Bunsu.

Pria yang murah senyum dan dekat dengan masyarakat ini tidak sungkan untuk terjun lang­sung ke Pasar Tabing mengimbau kepada masyarakat yang berbelanja di pasar rakyat tersebut untuk tidak mengenakan perhiasan mencolok.

Menurut Mari, begitu ia kerap disapa, kegiatan ini ia lakukan semata-mata demi menciptakan rasa aman bagi warga yang ingin berbelanja di Pasar Tabing, karena tempat tersebut merupakan kawasan tempat ting­galnya.

“Selain dengan tidak memakai per­hiasan yang berlebihan, saya juga meng­imbau agar pengendara memar­kirikan kendaraannya di tempat yang aman dan menggunakan kunci ganda,” tuturnya kepada Haluan.

Ia juga tidak gengsi untuk ber­patroli berkeliling komplek di sekitar Kelurahan tempat ia berdomisili untuk melakukan imbauan kepada warga untuk meng­aktifkan pos sistem keamanan lingkungan (siskamling), mematikan kompor jika me­ning­galkan rumah dan mematuhi aturan berlalu lintas.

“Tentu saya ingin warga di Kelu­rahan Bungo Pasang ini selalu me­ningkatkan kewaspadaan dari gang­guan kamtibmas itu sendiri, disamping menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga,” katanya.

Imbauan dari seorang polisi me­lalui sebuah pengeras suara toa. Adalah elly (25), warga Lubuk Mintu­run ini yang kebetulan berbelanja di Pasar Tabing merasa terkejut dengan imbauan menjaga keamanan dari seorang petugas di tengah padatnya aktifitas pasar.

“Saya merasa terkejut dengan imbauan seperti itu, karena saya kira awalnya ada pencurian atau peram­pokan, akan tetapi ini sebuah imbauan dari seorang polisi kepada masyarakat yag jarang saya temui,” ungkap wanita tersebut.

Sementara itu, Kapolsekta Koto Tangah Kompol Jon Hendri kepada Haluan mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi kinerja para jajarannya yang sangat serius dalam perlindungan kepada masyarakat.

“Koto Tangah merupakan Keca­matan yang terluas di Kota Padang, untuk itu kami perlukan kesadaran setiap warga yang berada di Kecamatan ini untuk meningkatkan kewa­spa­daannya di luar rumah. Kegiatan Kamtibmas turun ke lapangan ini selalu rutin diadakan di setiap hari Senin paginya,” jelasnya. (h/mg-adl)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Oktober 2017 - 13:11:06 WIB

    Babinsa Koto Tangah Bantu Petani

    Babinsa Koto Tangah Bantu Petani .PADANG, HARIANHALUAN.COM - Babinsa Koramil 06/Koto Tangah Kodim 0312/Padang membantu Kelompok Tani (Keltan) Jaya Kelurahan Bungo Pasang menanam padi..
  • Rabu, 01 Juni 2016 - 16:25:53 WIB

    Babin Kamtibmas Kelurahan Bungo Pasang Turun ke Pasar Tabing

    Babin Kamtibmas Kelurahan Bungo Pasang Turun ke Pasar Tabing PADANG, HALUAN - Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babin Kamtibmas) Kelurahan Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah, Aiptu Mari Bunsu AB, kembali turun ke Pasar Tabing. Ia menghimbau warga yang tengah beraktivi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]