Mahasiswa Tuntut Kadishub Batam Mundur


Kamis, 31 Maret 2016 - 16:24:09 WIB

BATAM, HALUAN — Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kepuluan Riau melakukan aksi demo menuntut Kedishub Batam mundur dari jabatannya karena gagal dalam penataan restribusi parkir sehingga tidak terca­painya target.

Pantauan lapangan, Aksi puluhan mahasiswa berjalan aman yang dikawal puluhan kepolisian, mahasiswa menuntut agar zulhendri mundur dari jabatannya karena gagal  meningkatkan PAD dari kontribusi parkir.

“Kami minta Kadishub mundur dari jabatannya karena tidak becus mengurus parkir dan semua parkir dikelola oknum Dishub,” Kata ketua Gerakan Mahasiswa Kepri Tongko April didepan kantor Dishub, Rabu(30/03).

Kata Dia, juru parkir hanya mendatangi pengendara dan berpura-pura menarik kendaraan­nya. Saat pengendara ingin melaju, juru parkir hanya meminta uang tanpa memberikan karcis.

Lebih parahnya lagi juru parkir hanya datang untuk mengambil ongkos parkir, sementara karcis tidak diberikan. Ini hanya contoh dari sebagian kecil dan parahnya lagi parkiran dikelola oknum Dishub untuk memperkaya diri.

Setiap wilayah yang ada di Batam, memiliki penguasa parkir atau raja-raja kecil yang dididik oleh Dishub sendiri. “Ini menjadi polemik di Batam dari dulunya dan hingga sekarang. Banyak pe­nguasa-penguasa parkir yang lahir dan itu bukan dari Dishub sendiri,” tegasnya.

Aksi damai para mahasiswa ini hanya ber­langsung hitungan jam dikarenakan mereka tidak bisa menemui Kadishub Batam, Zulhendri.

Terpisah Kepala UPT Dishub Batam, Agus Sulaiman memaparkan kalau setiap parkir ada pengawasan. Setiap penghasilan yang didapat dari pungutan parkir, disetorkan setiap hari ke dalam kas daerah. Sementara itu, Dishub juga melakukan pengawasan bersama dengan kepolisian.

“Penghasilan yang didapat setiap hari, dima­sukkan dalam kas daerah. Kami juga melakukan pengawasan, tapi tidak setiap hari,” kata Agus Sulaiman di kantornya .

Kata Dia, Rata-rata pendapatan setiap bulan dari pungutan parkir sekitar Rp 350 juta. Tahun 2015 target pendapatan parkir ditetapkan sebanyak Rp 6 miliar tapi selama setahun tidak mencapai target hanya Rp 3,5 miliar. Untuk target tahun 2016, pemerintah menargetkan hanya Rp 3,8 miliar. Dinas perhubungan juga meretribusikan karcir parkir kepada juru parkir yang ada, yaitu sebanyak 530 orang. “Kami ada memberikan karcis untuk parkir,” kata Agus.

Agus menegaskan, jika juru parkir tidak memberikan karcis parkir kepada pengendara, tidak usah bayar.  Dan jika perlu dilaporkan,” tutupnya. (hk/par)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 14:09:51 WIB

    Jadi Objek Wisata, Pemnag dan Mahasiswa KKN Normalisasi Batang Tiku

    Jadi Objek Wisata, Pemnag dan Mahasiswa KKN Normalisasi Batang Tiku HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, bersama gabungan mahasiswa KKN melakukan pengecatan dinding dam normalisasi Batang Tiku dalam rangka mendukung kunjungan wisatawa.
  • Sabtu, 09 September 2017 - 01:16:15 WIB

    Mahasiswa KKN Unri Distribusikan 4 Ribu Bibit Pohon

    Mahasiswa KKN Unri Distribusikan 4 Ribu Bibit Pohon PEKANBARU, HALUAN - Mengabdi kepada masyarakat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UR) Kecamatan Peranap lakukan aksi penanaman pohon dan pendistribusian 4.000 bibit pohon pada Kamis (7/9)..
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:01:33 WIB

    Ratusan Mahasiswa Demo Tolak Toko Modern

    ROHUL, HALUAN — Pu­luhan mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) kem­bali berdemo di kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul), Selasa (1/11). Aksi yang bertepatan dengan waktu Salat Zuhur ini masih menolak pendirian gerai to.
  • Rabu, 23 Maret 2016 - 02:46:18 WIB

    Mahasiswa Minta Pemprov Tuntaskan Jalan Lintas Bono

    PEKANBARU, HALUAN — Puluhan massa yang ter­gabung dalam Gerakan Ma­hasiswa Pelalawan Peduli Lintas Bono melakukan aksi demo di DPRD Riau. Me­reka me­nuntut kejelasan kelanjutan pembangunan Jalan Lintas Bono, Ka­bu­pat.
  • Senin, 15 Februari 2016 - 02:10:53 WIB
    Resmi Jabat Plh Sekda Kepri

    Aktivis dan Mahasiswa Dukung Reni Yusneli

    BATAM, HALUAN — Sejumlah aktivis pe­rempuan dan mahasiswa Kota Batam mendukung langkah pe­nunjukan Reni Yusneli sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]