Kepala BMKG Mengingatkan

Cuaca Panas Bisa Picu Kebakaran Lahan


Jumat, 01 April 2016 - 03:40:08 WIB

BATAM, HALUAN—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  Hang Nadim Ba­tam mengingatkan potensi kebakaran lahan dan hutan yang meningkat akibat panas yang berkepanjangan sejak beberapa pekan terakhir.

“Cuaca panas masih akan terus terjadi di Batam. Hal ini bisamemicu terjadinya keba­karan hutan dan lahan,” kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam Philip Mustamu di Batam, Rabu (30/3).

Ia mengatakan, suhu pa­nas di Kota Batam dan se­kitarnya dalam beberapa hari terakhir menyentuh angka 33 derajat celcius. Ditambah dengan tiupan angin kencang sehingga potensi kebakaran bisa terjadi.

“Kondisi seperti ini jika terus maka potensi terjadinya kebakaran hutan bisa me­ningkat. Karena potensi hujan di Batam masih sangat mi­nim,” kata dia.

Umumnya kelembaban udara pada seluruh wilayah Kepri masih sangat rendah. Hal tersebut mengkibatkan potensi pembentukan awan yang bisa menjadi hujan di Batam dan sekitarnya sangat rendah.

Di Batam, kebakaran la­han sudah beberapa kali ter­jadi karena kondisi rumput dan semak-semak sudah mu­lai mengering akibat sekian lama tidak terjadi hujan dalam intensitas tinggi.

“Untuk wilayah lain di Kepri seperti Natuna dan Karimun juga sudah terjadi kebakaran. Kondisinya ham­pir serupa yang terjadi di Batam saat ini,” kata Philip.

Ia mengimbau, masya­rakat tidak sembarangan me­la­kukan pembakaran sampah dan daun-daun kering ditem­pat terbuka, karena berpo­tensi meluas dan menga­kibat­kan kebakaran lebih besar.

Philip juga meminta ma­syarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan karena sekecil apapun api dari rokok tersebut bisa menyulut kebakaran pada lahan yang sudah mengering.

“Kegiatan diluar rungan sekecil apapun yang bisa me­micu kebakaran harus dihin­dari. Jangan sampai kabi­asaan-kebiasaan membakar sampah berdampak pada ke­bakaran yang lebih besar,” kata dia. (Ant/ivi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 27 Juli 2015 - 20:26:42 WIB

    Kondisi Cuaca di Riau Tidak Sehat

    PEKANBARU, HALUAN — Kondisi cuaca di Pekanbaru dan beberapa wilayah Riau mulai tidak sehat. Ini dise­babkan kabut asap tebal yang semakin menyelimuti wila­yah Riau akibat keba­karan hutan dan lahan ya.

  • Jumat, 27 Februari 2015 - 19:30:00 WIB

    Cuaca Ekstrem dan Puting Beliung Ancam Riau

    MASUKI PERALIHAN MUSIM

    PEKANBARU, HALUAN —Tak lama lagi, persisnya medio Maret 2015 mendatang, Provinsi Riau akan memasuki peralihan musim, yakni dari musim kemarau ke musim hujan. Jelang memasuk.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]