Naskah UN SMA Tiba di Pasaman


Jumat, 01 April 2016 - 03:41:51 WIB

PASAMAN, HALUAN — Dinas Pendidikan Pasaman telah menerima 322 bundel naskah Ujian Nasional (UN) SMA sederajat, dari Provinsi Sumbar.

Kepala Dinas Pendidikan Pasaman, Khairil Anwar mengatakan, naskah UN tersebut sampai di kantor Dinas Pendidikan sekira Kamis (31/3), pukul 11.30 WIB.

“Saat ini petugas membongkaran soal dari truk yang membawa soal itu dari Padang untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak sekolah,” kata Khairil.     

Ia menuturkan, soal-soal itu akan dibawa oleh ke sekolah-sekolah. Kepala sekolah merupakan penanggungjawab soal-soal itu. Soal-soal kemudian disimpan di masing-masing sekolah dan dijaga oleh pihak sekolah. Akan ada tiga orang panitia sekolah yang akan memegang kunci pe­nyimpanannya.

“Kami tidak melibatkan kepolisian dalam penjagaan soal ini. Kunci tempat penyimpanan soal akan dipegang oleh pihak sekolah,” jelasnya.   

UN tingkat SMA sederajat yang akan dilaksanakan pada 4 hingga 7 April nanti melibatkan 27 sekolah sebagai pe­nyelenggara di Pasaman, dengan jumlah peserta sebanyak 4.146 siswa. Seekolah penyelenggara tersebut terdiri dari 12 sekolah untuk SMA dengan 2.108 orang peserta, 10 sekolah untuk Madrasah Aliyah (MA) dengan 489 orang peserta, dan 7 sekolah untuk SMK dengan 1.058 orang peserta.     

“Ada beberapa sekolah di Pasaman yang menumpang untuk mengikuti UN, sebab ada beberapa syarat untuk pelaksanaan UN, di antaranya akreditasi dan jumlah murid. Contoh sekolah yang menumpang itu, dua SMA di Kecamatan Rao Utara dan Ke­camatan Mapattunggul. Dua sekolah itu menumpang ke sekolah di Kecamatan Rao. Untuk tingkat MA, juga ada dua sekolah yang menumpang UN,” terangnya.    

Ia menambahkan, pengawas UN di daerah itu sebanyak 449 orang. Sementara itu, target rata-rata kelulusan siswa 7,5. (h/col)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM