Sikapi Penurunan Harga BBM

Dishubkominfo Diminta Kontrol Penurunan Tarif Angkutan


Jumat, 01 April 2016 - 03:45:55 WIB

PASAMAN, HALUAN — Me­nyikapi kebijakan Pemerintah Pusat yang menurunkan harga BBM bersubsidi per 1 april 2016 sebesar Rp500 per liter, mendorong Pemerintah Ka­bupaten Pasaman untuk me­nyi­kapi untuk mengontrol pe­nurunan tarif alat transportasi.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, pe­nu­ru­nan harga BBM bersubsidi harus diikuti oleh penurunan harga dan tarif angkutan. Selain itu, penurunan harga BBM hendaknya dibarengi dengan jaminan ketersediaan pasokan, sehingga kelangkaan dan antrean panjang di SPBU tidak lagi terjadi sampai me­nganggu aktivitas warga.

Fenomena yang terjadi setiap kali penurunan harga BBM, ketersediaan BBM di SPBU dalam satu sampai dua pekan tiba-tiba raib dan lang­ka. SPBU pun mendadak ke­ha­bisan stok yang me­nga­kibatkan solar dan bensin susah didapatkan warga. Hal itu menganggu aktivitas dan perekonomian warga.

“Rantai distribusi harus diperbaiki agar tak terjadi kelangkaan BBM di tengah masyarakat seperti sebelum-sebelumnya. Kasihan ma­syarakat jika terus seperti itu,” sebut Yusuf Lubis.

Turunnya harga BBM, ka­ta Yusuf Lubis, hendaknya juga dibarengi dengan per­baikan kualitas pelayanan di setiap SPBU, seperti sepeda motor dan mobil daripada jeriken. “Utamakan pe­la­yanan bagi sepeda motor dan mobil, bukan pembeli je­ri­ken,” pintanya.

Selain itu, penurunan BBM juga harus dibarengi de­ngan penurunan tarif ang­kutan umum. Untuk itu, ia meminta dinas terkait segera menyikapi kebijakan tersebut sehingga penurunan minyak dinikmati seluruh masyarakat.

“Dishubkominfo harus  peka terkait hal ini. Segera sikapi jika kebijakan ini sudah diterapkan. Jangan menunggu protes warga dulu,” ujarnya.

Menurutnya, adanya pe­nurunan harga BBM dan tarif angkutan, selayaknya juga menurunkan harga sembako. Penurunan harga sembako ini sa­ngat membantu pada per­baikan ekonomi masyarakat.

Ironisnya, saat ini se­jumlah harga kebutuhan po­kok me­lambung, mulai dari harga beras yang mencapai Rp12 ribu per kg. Kemudian harga cabai merah yang men­capai Rp48 ribu per kg, harga bawang merah kualitas me­nengah Rp40 ribu per kg, dan ayam potong Rp33 ribu per kg. Belum lagi harga kebu­tuhan harian lainnya. (h/col/tos)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:06:06 WIB

    Dishubkominfo Sediakan Mobil Derek

    Dishubkominfo Sediakan Mobil Derek PADANG PANJANG, HALUAN — Dinas Perhubungan dan Kominfo (Dishub­kominfo) Kota Padang Panjang melakukan terobosan dengan menganggarkan pem­belian mobil derek. Pengadaan mobil derek tersebut diperuntukkan untuk membantu mobi.
  • Senin, 27 Juni 2016 - 04:49:07 WIB

    Dishubkominfo Optimis Raih WTN 2016

    Dishubkominfo Optimis Raih WTN 2016 PADANG PANJANG, HALUAN — Pemerintah Kota Padang Panjang melaui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Padang Panjang kembali mengikuti penilaian lomba tertib lalu lintas dan angkutan jalan atau ya.
  • Rabu, 25 Mei 2016 - 04:34:50 WIB
    Tekan Angka Kecelakaan

    Dishubkominfo Pasang Rambu Lalu Lintas

    AGAM, HALUAN – Untuk meminimalisir angka kecelakaan Pemerintah Kabupaten Agam melengkapi rambu-rambu dan tanda peringatan lalu lintas jalan raya..
  • Rabu, 20 April 2016 - 02:27:23 WIB

    Dishubkominfo Harus Berikan Pelayanan Prima

    PARIAMAN, HALUAN— Dishubkominfo Kota Pariaman, harus bisa memberikan pembinaan kepada masyarakat mengenai tata tertib berlalu lintas dan pelaksanaan penertiban lalu lintas secara rutin dan maksimal, sehingga alur lalu lint.
  • Kamis, 14 April 2016 - 03:02:27 WIB

    Taruna STTD Bekasi PKL di Dishubkominfo

    Taruna STTD Bekasi PKL di Dishubkominfo BATUSANGKAR,HALUAN — Sebanyak 11 orang Taruna Taruni Sekolah Tinggi Trans­portasi Darat (STTD) Bekasi melakukan Praktek Kerja La­pangan (PKL) di Dinas Per­hubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Tan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]