Upaya untuk Sejahterakan Masyarakat

DPRD Beri Sejumlah Rekomendasi Bidang Ekonomi


Jumat, 01 April 2016 - 03:47:13 WIB

PASAMAN, HALUAN — DPRD Pasaman memberikan sejumlah rekomendasi bidang ekonomi bagi Pemkab setempat sebagai upaya mewujudkan visi daerah untuk me­nye­jah­terakan masyarakat. Rekomendasi ini terkait banyaknya kerusakan infrastruktur bi­dang pertanian, sumber dan cadangan air dan jembatan, yang menganggu pencapaian target tersebut.  

Ketua DPRD Pasaman, Yasri mengatakan, desakan tersebut meliputi perbaikan saluran irigasi Bandar Ga­dang, Nagari Jambak, Keca­matan Lubuk Sikaping. Salu­ran irigasi di kanagarian itu rusak akibat dihantam banjir beberapa waktu lalu. Selain itu, DPRD juga meminta perbaikan sejumlah infra­struktur, normalisasi sejumlah sungai besar di dae­rah itu.

“Irigasi Bandar Gadang mengalami rusak berat, butuh penanganan secepatnya agar sumber air bagi sawah warga tidak terkendala,” kata Yasri, Kamis (31/3).

Pihaknya juga mendesak pemerintah setempat segera melakukan pengerukan su­ngai besar di daerah Langung, Kecamatan Rao Utara, sebab, banjir kerap melanda kawasan itu akibat sungai sudah dang­kal.  

“Anak Air Pandak dan Ba­tang Asik, Nagari La­nguang, Rao  Utara, sudah dangkal dan tidak mampu menampung intensitas air hujan. Kondisi itu me­ngancam perumahan pen­duduk dan areal persawahan warga,” tuturnya.

Pihaknya juga meminta pemerintah untuk segera mem­bangun kembali  jem­batan Kalimanang, Jorong Bukit Malintang, Nagari  Malampah, Tigonagari yang putus akibat dihantam banjir  bandang pada tahun 2013 lalu.

“Kami meminta pem­ba­ngunan Jembatan Ka­lim­a­nang yang  menghubungkan jalan menuju SD Negeri 20 Bukit Lintang,  segera di­ba­ngun dan pemerintah segera me­­ngang­garkan  pem­ba­ngunan­nya pada tahun anggaran 2017 nanti,” pintanya.

Selain itu, pihaknya  juga merekomendasikan pe­ning­katan  anggaran untuk pem­bangunan jalan usaha tani dan jalan  produksi pertanian, sehingga ekonomi di sektor pertanian tidak terpuruk. “Dalam rangka upaya pe­ning­katan ekonomi masyarakat, kami  minta Pemkab Pa­sa­man meningkatkan anggaran untuk memenuhi kegiatan ini,” harapnya.

Untuk menggenjot pen­dapatan asli daerah (PAD), DPRD juga meminta Pemkab Pasaman untuk me­mak­si­malkan pemungutan re­tribusi bahan galian C yang ada di semua wilayah kabupaten itu.  “Kami ingin sektor galian C di Tigonagari,  Lu­buk­sikaping dan kecamatan lain­nya, pemungutan retribusinya dimaksimalkan untuk pen­ing­katan PAD Pasaman,” se­butnya.

Selanjutnya, kata Yasri, DPRD juga meminta pe­ning­katan anggaran untuk  pem­bangunan sarana, prasarana pertanian di daerah itu. Sebab, katanya, sektor pertanian me­rupakan prioritas  pem­ba­ngu­nan pada era pe­merintahan Yusuf Lubis-Atos Pratama.

“Kami ingin sektor per­tanian, baik sawah, kebun, perikanan  maupun pe­ter­nakan ditingkatkan. Pe­nga­daan pupuk dan  obat-obatan, bibit unggul serta alat-alat pertanian yang  dibutuhkan masyarakat ditingkatkan. Bila perlu, proporsi  anggaran pertanian setara dengan pen­didikan dan kesehatan,” im­buhnya. (h/col)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 18:57:23 WIB

    DPRD Pariaman Gelar Sidang Paripurna Virtual

    DPRD Pariaman Gelar Sidang Paripurna Virtual HARIANHALUAN.COM - Sidang Paripurna DPRD Kota Pariaman dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kota Pariaman dilakukan secara langsung dan online, Kamis siang (2/7/2020)..
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 16:48:08 WIB

    Hasil Menurun, Anggota DPRD Sumbar Ini Bakar Semangat Petani di Kabupaten Solok

    Hasil Menurun, Anggota DPRD Sumbar Ini Bakar Semangat Petani di Kabupaten Solok HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi V DPRD Propinsi Sumatera Barat Daswippetra Dt Mjj Alam membakar semangat petani di Kabupaten Solok untuk membudidayakan cengkeh, kopi dan manggis dalam upaya menambah pendapatan rumahtanggany.
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 23:40:24 WIB

    Hendrajoni Jadi Saksi Nikah Putri Anggota DPRD Sumbar

    Hendrajoni Jadi Saksi Nikah Putri Anggota DPRD Sumbar HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menjadi saksi nikah putri anggota DPRD Provinsi Sumbar Bakri Bakar, Jumat (19/6) digelar di Masjid Masjid Akbar Baiturrahman, Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir .
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 21:51:23 WIB

    Sidak ke Dinkes, DPRD Pasbar Kecewa Temukan Tumpukan APD Senilai Rp2,1 Miliar

    Sidak ke Dinkes, DPRD Pasbar Kecewa Temukan Tumpukan APD Senilai Rp2,1 Miliar HARIANHALUAN.COM - Merasa kecewa karena Alat Pelindung Diri (APD) yang dianggarkan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), belum juga dibagikan kepada petugas medis dan masyarakat, Anggota DPRD Pasbar yang dipi.
  • Kamis, 11 Juni 2020 - 17:02:43 WIB

    DPRD Mentawai Siap Menuju New Normal

    DPRD Mentawai Siap Menuju New Normal HARIANHALUAN.COM - Menjelang diberlakukannya tatanan baru kehidupan atau yang disebut dengan istilah New Normal, Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok menyebutkan pihaknya siap mengikuti aturan baru tatanan kehidupan dan meminta.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]