Pasar Solok Mulai Tertata Rapi

Warga Puji Kinerja Pemko Solok


Jumat, 01 April 2016 - 03:51:58 WIB

SOLOK, HALUAN — Gerak cepat Walikota Solok, Zul Elfian, menata pasar Solok mulai dipuji warga Kota Solok maupun masyarakat luar Kota Solok. Pasalnya, masyarakat saat ini kian merasa nyaman saat berkunjung ke Pasar Solok.

Penataan pasar yang men­jadi target Zul Elfian, dimulai dari mensterilkan jalan dua jalur di Pasar  Solok. Jalan dua jalur itu selama ini centang perenang dan banyak dijadi­kan kawasan berjualan peda­gang kaki lima, mulai dari pedagang buah, parkir roda dua dan pedagang mainan anak-anak, yang berdampak kepada semberautnya pasar kebanggaan masyarakat di Kota Solok ini.

Namun sekarang pe­da­gang kaki lima tidak lagi dijumpai di kawasan jalan dua jalur pasar Solok, Pemko Solok melalui instansi terakit membuat larangan melalui spanduk untuk tidak berjualan di sepanjang jalan dua jalur. Sejak hengkangnya pedagang berjualan di lokasi sepanjang 300 meter itu, arus lalu lintas lancar dan pemandangan te­rasa nyaman.

Penertiban tidak hanya sampai disana, malahan jalan lingkar pasar Solok yang sela­ma ini juga kawasan berjualan sayur,ikan basah dan bumbu dapur juga dibersihan, jalan dengan lebar 6 meter itu juga dikosongkan dan fungsi jalan dikembalikan pada semula untuk kendaraan yang hendak masuk pasar Solok.

Kabag Humas Pemda Ko­ta Solok, Heppy Dharawan, kepada Haluan mengakui, kalau penertiban Pasar Solok sudah dimulai. Bahkan jalan lingkar pasar dikosongkan dari aktifitas berjualan sayur dan ikan basah. Pedagang yang selama ini berjualan di jalan lingkar pasar itu dipin­dahkan, karena Pemko Solok tidak ingin pula membunuh mata pencarian pedagang.

“Kendaraan dari arah Mu­aro Paneh maupun Saok La­weh nantinya masuk melalui jalan lingkar, selanjutnya menurunkan penumpang da­lam pasar. Disepanjang jalan lingkar bisa dijadikan parkir kendaraan roda dua dan em­pat, namun tidak boleh ber­lapis karena jalan itu juga untuk transit kendaraan ang­kutan umum,” pungkas Hep­py.

Dihubungi terpisah, Wali­kota Solok, Zul Efian menga­kui, selain mengatasi kesem­berautan Pasar Solok, Pemko Solok sendiri juga akan me­ner­tibkan sejumlah lokasi lain yang berpotensi menimbulkan kemacetan. (h/alf/hel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 14:07:35 WIB

    Sejumlah Tanaman Milik Warga Masuk Sungai Tergerus Erosi Batang Nareh

    Sejumlah Tanaman Milik Warga Masuk Sungai Tergerus Erosi Batang Nareh HARIANHALUAN.COM - Satu persatu tanaman warga seperti pohon kelapa, sawit dan sejumlah tanaman lainnya, masuk ke dalam sungai akibat gerusan erosi aliran batang nareh, diantaranya di kawasan Nagari Campago Barat..
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 18:43:44 WIB

    Polisi Ajak Warga Pasaman Ikut Berantas Narkoba

    Polisi Ajak Warga Pasaman Ikut Berantas Narkoba HARIANHALUAN.COM - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman, mengajak masyarakat berperan aktif memberantas narkoba. Pasalnya, kasus peredaran dan penyalahgunaan narkotika terbilang tinggi di daerah itu, khususnya ganja..
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 16:36:56 WIB

    Selama 6 Bulan, 29 Warga Pariaman Terkena DBD

    Selama 6 Bulan, 29 Warga Pariaman Terkena DBD HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 29 warga Kota Pariaman tercatat kena demam berdarah (DBD) sejak Januari sampai Juni 2020. "Paling banyak terkena kasus tersebut, anak berusia 15 tahun kebawah," kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota .
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 11:28:33 WIB

    Agam Buncah, Seorang Warga Dinyatakan Positif Covid-19 Setelah Sebulan Tak Ada Kasus

    Agam Buncah, Seorang Warga Dinyatakan Positif Covid-19 Setelah Sebulan Tak Ada Kasus HARIANHALUAN.COM - Setelah lebih sebulan kasus Covid-19 melandai di Kabupaten Agam, bahkan 18 warga yang sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi virus Corona juga telah sembuh. Namun, Minggu (28/6/2020) pagi kembali buncah, .
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 18:31:40 WIB

    Kabar Baik, 42 Warga Puluik-puluik Dinyatakan Negatif Covid-19

    Kabar Baik, 42 Warga Puluik-puluik Dinyatakan Negatif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada 42 orang masyarakat yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sembako tersebut diterima oleh salah seorang peserta karantina.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]