Jurnalis RI Terbitkan 'Suara Palestina'


Jumat, 01 April 2016 - 03:55:30 WIB

JAKARTA, HALUAN — Di tengah kontroversi kunjungan lima jurnalis senior Indonesia ke Israel, berita menyejukkan justru datang dari Jalur Gaza, Palestina.

Pemuda berwarganegara Indonesia Abdillah Onim yang sempat menjadi kontri­butor bagi sejumlah media online dan televisi di Tanah Air mendirikan kantor berita dan radio di daerah konflik itu. Media yang bisa diakses lewat suarapalestina.com ter­sebut didirikan setelah Onim menetap tujuh tahun di Gaza. Onim mengaku media terse­but didirikan dengan jalan swadaya.

“Kantor Berita Suara Pa­les­tina dihadirkan bukan dorongan akan tetapi kewa­jiban, menjadi kewajiban Uta­ma karena saya yakin dengan kehadiran SP News Agency semakin banyak umat Islam di dunia khu­susnya di penjuru nusantara akan pengetahun situasi lang­­sung dari Palestina dan Jalur Gaza, tidak hanya per­sahabatan sesama manusia akan tetapi menjadi ikatan batin,” kata Abdillah Onim yang akrab di sapa Bang Onim yang dikutip dari su­ara­­pa­lestina.com pada Se­nin (28/3) lalu.

SP News Agency mem­beritakan peristiwa aktual di sekitar Jalur Gaza di anta­ranya lewat portal be­rita dan radio. Untuk portal, website suarapalestina.com mulai diluncurkan di Jalur Gaza Palestina pada bulan Juni tahun 2015. Sedangkan ra­dio, SP News Agency menye­dia­kan layanan radio strea­ming (Radio Suara Palestina) Indonesia.

Onim yang bertindak se­ba­gai penyiar Radio SP Live Streaming dari Jalur Gaza Palestina akan siaran dari Senin hingga Jum’at dua kali dalam sehari. Programnya yakni Palestine Will Be Free Pukul 13:00 WIB dan Gaza Tonight Live Malam Pukul 20:00 WIB. SP News Agency disajikan dalam dua bahasa (In­donesia-Inggris) agar Mus­­­limin yang berada di negara lain pun dapat me­ngikuti berita langsung dari pangkal persoalan Palestina.

Dia berharap media yang didirikannya dapat menjadi media penyeimbang dalam pemberitaan dan penye­ba­ran berita terkait persoalan Pales­tina. Tak hanya itu, portal ini pun diharap me­menuhi hak publik untuk mendapatkan berita yang tepat, akurat pe­nuh manfaat dalam bentuk tulisan dan video liputan. (h/rol)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]