Pemkab Pessel Berupaya Tingkatkan Produksi Jagung


Jumat, 01 April 2016 - 04:00:11 WIB
Pemkab Pessel Berupaya Tingkatkan Produksi Jagung Petani mempersiapkan lahan untuk bertanam jagung di Pessel, Kamis (31/3). Dispertahol Pessel mengimbau masyarakat petani untuk terus mengolah lahan tidur yang bisa ditanami jagung. (HARIDMAN KAMBANG)

PAINAN, HALUAN — Pesisir Selatan (Pessel) termasuk salah satu daerah pemasok kebutuhan jangung di Sum­bar. Untuk itu daerah ini terus meningkatkan produksi ja­gungnya lewat pemanfaatan potensi lahan yang tersedia yang bisa menghasilkan hing­ga 75 ribu ton jagung dalam setahun.

Untuk upaya mencapai target itu, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holti­kul­tura (Dispertahol) Pessel mengimbau masyarakat peta­ni untuk terus mengolah lahan tidur agar tetap menjadi lahan produktif. Lahan tidur yang terjadi akibat kekeringan di lahan sawah tadah hujan bisa dimanfaatkan untuk me­nanam jagung.

Kepala Dinas Disper­ta­hol, Afrizon Nazar menga­takan, jagung bisa menjadi alternatif tanaman untuk lahan tidur, terutama lahan tidur bekas sawah tadah hujan yang sudah kering. Jagung saat ini memiliki pangsa pasar yang jelas dan kestabilan harga cukup terjamin. Ini dika­renakan tingkat permintaan jagung pipilan yang masih cukup tinggi.

“Jagung pipilan dibu­tuh­kan untuk bahan makanan dan untuk pakan ternak dan hingga kini tingkat per­min­taan pasar masih cukup ting­gi,” ujarnya di Painan, Kamis (31/3).

Ia menjelaskan, komo­ditas jagung merupakan salah satu produk tanaman pangan unggulan di Pessel setelah padi . Banyaknya lahan tidur yang ditinggal masyarakat petani saat ini akibat ke­keringan dan ke­tiadaan biaya pengolahan cukup meng­hambat pro­duktivitas ko­moditas per­tanian,” tuturnya.

Menurutnya, apabila kon­­disi ini terus dibiarkan, akan mengancam produksi pangan secara keseluruhan. Ini tentu akan menjadi kon­tra pro­duktif dengan upaya Pemkab Pessel yang menar­getkan pe­ning­katan pro­duksi pertanian setiap ta­hun. (h/har)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 April 2020 - 15:41:35 WIB

    Terdampak Covid-19, Kadin Pasaman Minta Pemkab Selamatkan Pelaku UMKM

    Terdampak Covid-19, Kadin Pasaman Minta Pemkab Selamatkan Pelaku UMKM PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, meminta pihak pemerintah kabupaten setempat segera menyelamatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang turut t.
  • Senin, 13 April 2020 - 15:17:18 WIB

    Pemkab Sijunjung Dapat Bantuan Sejumlah APD dari PT BPSJ

    Pemkab Sijunjung Dapat Bantuan Sejumlah APD dari PT BPSJ SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - PT Bina Pratama Sakato Jaya (BPSJ) peduli Covid 19, menyumbangkan alat pelindung diri (APD) kepada Pemkab Sijunjung yang diterima langsung oleh Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin didampingi Sekda da.
  • Rabu, 21 September 2016 - 02:23:10 WIB

    Pemkab Padang Pariaman Bangun Pabrik Mini Cokelat

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Pem­kab Padang Pariaman melalui Dinas Ko­perindag ESDM membangun pabrik mini cokelat di Korong Ambung Kapur, Nagari Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak. Kepala Dinas Koperindag ESDM, .
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:30:22 WIB
    KELAPA TUA LANGKA, TAUKE BORONG KELAPA MUDA

    Pemkab Pasaman Mesti Benahi Tata Niaga Kelapa

    Pemkab Pasaman Mesti Benahi Tata Niaga Kelapa PASAMAN, HALUAN — Disimpulkan dari berita Haluan, Senin (15/8), tauke kelapa di Pasaman membeli kelapa muda dari petani setempat dalam jumlah banyak dan dengan harga mahal untuk dijual ke pabrik minuman di Pekanbaru. Dengan.
  • Selasa, 16 Agustus 2016 - 03:49:03 WIB
    BANK NAGARI PEDULI PENDIDIKAN

    Rp85 Juta Diberikan kepada Pemkab Pasaman

    Rp85 Juta Diberikan kepada Pemkab Pasaman PASAMAN, HALUAN — Pada tahun ini, Bank Nagari memberikan Rp85 juta dana pertanggungjawaban social (CSR) di Kabu­paten Pasaman. Kepala Cabang Bank Nagari Cabang Lubuksikaping, Hardi Putra menga­takan, dana itu untuk bidang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]