Telkom Luncurkan Kampung UKM Digital di Bandung


Jumat, 01 April 2016 - 04:00:41 WIB
Telkom Luncurkan Kampung UKM Digital di Bandung

BANDUNG, HALUAN — Telkom semakin gencar mengembangkan Kampung UKM Digital. Kali ini, Sentra Topi Rahayu Kabupaten Bandung menjadi target pen­canangan Kampung UKM Digital. Sentra Topi Rahayu merupakan lokasi kempat sejak peluncuran Kampung UKM Digital yang kali pertama diluncurkan di Kampung Keranggan Tangerang Selatan pada 1 Juni 2015, yang disusul Sentra Kaos Suci Ban­dung dan Sentra Kain Tenun Samarinda.

Kepala Telkom Jawa Barat, Supar­wiyanto memaparkan, Desa Rahayu yang terkenal dengan industry topinya meng­inspirasi Telkom untuk segera meluncurkan program Kampung UKM Digital, program untukpengembangan UKM yang diramu sebagai gerakan untuk membina aspirasi satu juta UKM di seluruh Indonesia (BA­GUS Indonesia).

“Kampung UKM Digital ini melengkapi berbagai program pengembangan UKM yang sebelumnya sedang berjalan, seperti edukasi pemanfaatan TIK bagi UKM di 500 sentra UKM di berbagai kota, 20 Kampung Nelayan Digital, Roadshow BAGUS In­donesia di 30 kota. Target akhirnya, ada sejuta UKM yang berhasil mengadopsi teknologi digital dari Telkom,” ujarnya kepada Haluan, Kamis (30/3).

Peluncuran Program Kampung UKM Digital Sentra Topi Rahayu berlangsung di Kantor Desa Rahayu, Kabupaten Bandung (29/3). Suparwiyanto berharap, dengan diluncurkannya Kampung UKM Digital, Sentra Topi Rahayu dapat melengkapi pengembangan UKM di Desa Rahayu.

Ada dua komponen besar yang dapat dipertimbangkan untuk menyulap sebuah lokasi menjadi Kampung UKM Digital oleh Telkom. Pertama, adanya  Core Ecosystem yang menunjukkan  hubungan antara pemasuk, produsen, dan saluran distribusi. Kedua, Business Ecosystem yang menun­jukkan adanya keterhubungan pemasok, produsen, penjual, pengencer, konsumen akhir, dukungan pemerintah dan lembaga keuangan.

Setelah dua komponen besar terpenuhi, Telkom juga menetapkan parameter imple­mentasi bagi Kampung UKM Digital di antaranya, tersedianya infrastruktur jari­ngan broadband, adanya wadah komunitas UKM seperti koperasi atau lembaga sejenis. Berikutnya, pemanfaatan teknologi infor­masi di dalam dua ekosistem, misalnya e-Commerce. Adanya proses berbagai ilmu pengetahuan terkait TI di dalam ekosistem, adanya supervise dari Pemerintah dan keterlibatan pemangku kebijakan lainnya (asosiasi, komunitas, danakademisi) yang saling mendukung untuk terjadinya akse­lerasi implementasi pemanfaatan TI di kampung UKM Digital.

“Kampung UKM Digital ini mengadopsi konsep financial inclusion dan digital inclusion. Melihat potensi Kampung UKM Digital Sentra Topi Rahayu  ini, terbuka peluang untuk kami langsung sulap kope­rasinya menjadi agen remitansi dan Payment Point Online Banking (PPOB) Delima. Ke depan kami ingin Kampung UKM Digital itu juga transaksi dengan e-Money.

Untuk sukses pelaksanaan Kampung UKM Digital ini, Telkom tentu saja tidak ber­­diri sendiri. Telkom mengajak berko­la­bo­rasi dengan pihak-pihak lain, atau dikenal de­ngan Penta-Helix, yakni Aka­demisi, pe­laku bisnis, komunitas, birokrasi peme­rin­tah dan media dalam konsep ABCGM. Ko­la­borasi ter­se­but akan mem­­­­­­percepat pe­­ngem­ba­ngan ke­mam­puan pe­­­­­­la­­ku UKM In­do­ne­sia,” pa­par Su­par­wi­yan­to. (h/dj)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 19:55:26 WIB

    Kuartal I 2020, Telkom Hanya Cetak Laba Rp5,86 Triliun

    Kuartal I 2020, Telkom Hanya Cetak Laba Rp5,86 Triliun HARIANHALUAN.COM - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) hanya mencetak laba bersih sebesar Rp5,86 triliun di kuartal I 2020 atau turun 5,82% dari periode sama tahun lalu sebesar Rp6,22 triliun..
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 20:16:51 WIB

    Tatanan Normal Baru di Sumatera Bagian Tengah, Ini Peran Aktif Telkomsel

    Tatanan Normal Baru di Sumatera Bagian Tengah, Ini Peran Aktif Telkomsel HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 membawa banyak dampak dalam kehidupan kita, bahkan memunculkan suatu tatanan hidup baru yang akrab disebut dengan Era New Normal. Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital paling .
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 13:02:35 WIB

    Jajaran Direksi Telkomsel Kembali Disegarkan

    Jajaran Direksi Telkomsel Kembali Disegarkan HARIANHALUAN.COM - PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom Indonesia) dan Singapore Telecommunications Ltd. (SingTel) selaku pemegang saham PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) telah mengangkat Direktur Finance, Direktur .
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 11:09:46 WIB

    Sambut Bos Bukalapak, Harga Saham Telkom Melesat 9%

    Sambut Bos Bukalapak, Harga Saham Telkom Melesat 9% HARIANHALUAN.COM - Harga saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) bergerak positif pagi ini, Jumat (19/6/2020). Investor tampaknya antusias dengan hasil yang akan diumumkan dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUSPT) .
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 07:54:54 WIB

    Bos Bukalapak Jadi Direksi Telkom?

    Bos Bukalapak Jadi Direksi Telkom? HARIANHALUAN.COM - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) hari ini. Pasalnya, perombakan direksi menjadi pembahasan dalam RUPS tersebut..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]