Perumahan Khusus untuk PNS Pemprov


Jumat, 01 April 2016 - 04:03:14 WIB

DALAM pandangan umum, ke­hi­dupan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dianggap sudah sejahtera. Peme­rintah sudah memberikan perhatian besar terhadap abdi negara ini dengan mem­berikan perbaikan penghasilan lewat kenaikan gaji. Ada pula gaji 13 dan 14 yang akan diterima jelang tahun ajaran baru dan Hari Raya Idul Fitri.

Namun ternyata, dari hasil pendataan tahun 2015  masih terdapat 2.634 PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang belum mempunyai rumah sendiri. Belum lagi PNS yang tersebar di berbagai daerah di Sumbar. Ada yang masih mengontrak, bahkan ada yang masih tinggal di rumah mertua.

Seperti diungkapkan Direktur Pelaya­nan pada Pelaksana Sekretariat Tetap Bapertarum PNS, Edy Dharmawan, dari jumlah 2.634 PNS itu, masing-masingnya diklasifikasikan ke dalam empat kelompok berdasarkan golongan. Di antaranya golo­ngan I sebanyak 106 PNS, golongan II 1.041 PNS, golongan III 1.377 PNS dan golongan IV sebanyak 110 PNS.

Dari data tersebut, terbanyak yang belum memiliki rumah adalah PNS golon­gan II dan III. Memang kemungkinan PNS golongan II dan III ini pulalah yang banyak terdapat di Pemprov Sumbar.

Belum memiliki rumah tentunya de­ngan berbagai macam alasan. Bagi golongan I dan II bisa saja gaji yang mereka terima tidak cukup disisihkan untuk membeli rumah meskipun kredit. Mereka tak punya jabatan dan dengan sendirinya juga tidak memperoleh tunjangan jabatan.

Sementara bagi PNS golongan III dan IV yang belum memiliki rumah bisa saja karena rumah belum pilihan utama untuk diadakan dengan berbagai pertimbangan. Apalagi bagi PNS yang memiliki jabatan, rasanya mereka akan sanggup membeli rumah dalam bentuk cicilan.

Terlepas dari semuanya itu, langkah yang dilakukan Pemprov Sumbar untuk memba­ngun perumahan khusus bagi PNS yang belum memiliki rumah sangat tepat. Rumah adalah idaman bagi setiap keluarga. Setiap keluaga jelas akan merasa bahagia tinggal di rumah sendiri.

Dengan demikian, dapat dipastikan, rencana Pemprov Sumbar ini akan disam­but gembira oleh PNS yang belum memi­liki rumah. Apalagi bagi PNS yang akan membeli rumah nantinya, masing-masing­nya akan mendapatkan bantuan dari Baper­tarum PNS. Bantuan tersebut di antaranya berupa Bantuan Uang Muka (BUM) dan Bantuan Tabungan Perumahan (BTP). Untuk BUM dikelompokkan berdasarkan golongan, sedangkan untuk BTP ditetapkan sebesar Rp4 juta.

Untuk BUM, besarannya mulai dari Rp1,2 juta hingga Rp1,8 juta. Selain ban­tuan dari Bapertarum PNS, sesuai Permen PUPR No. 42/PRT/M/2015, juga akan ada bantuan sebesar Rp4 juta dari Kementerian PUPR bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), serta bagi PNS dengan gaji pokok tak lebih dari Rp4 juta.

Dengan memiliki rumah sendiri, maka para PNS dapat bekerja lebih nyaman untuk memberikan pengabdian mereka kepada bangsa dan negara. Sebagian pemerintah kabupaten dan kota di Sumbar juga telah membangun perumahan khusus bagi para PNS ini. Namun bagi yang belum kita tentunya memberikan dorongan agar masalah peru­mahan bagi PNS ini menjadi perhatian bagi seluruh kepala daerah.   

Kebijakan pembangunan perumahan khusus untuk PNS ini kita harapkan juga dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan kota di Sumbar. ***

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]