Renovasi TMSBK akan Tingkatkan Kunjungan


Jumat, 01 April 2016 - 04:10:19 WIB

Bukittinggi, Haluan — Dengan  direnovasinya Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi secara besar-besaran, kedepannya tidak saja dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tapi juga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bukittinggi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bukittinggi, Melfi Abra menga­takan, renovasi yang dilakukan sehubungan TMSBK Bukittinggi ditunjuk sebagai pilot Project Revitalisasi Kebun Binatang di Indonesia. Semua biaya renovasi  berasal dari pemerintah pusat dengan biaya diperkirakan sebesar Rp105 miliar.

Dengan adanya renovasi itu, diprediksi tingkat kunjungan wisatawan ke TMSBK bakal meningkat dua hingga tiga kali lipat dari sebelumnya. Dengan demikian secara otomatis juga akan berdampak terhadap peningkatan PAD dari sektor wisata.

“Saat ini, rata-rata tingkat kunjungan pertahun berjumlah 400 ribu orang. Setelah renovasi diperkirakan akan meningkat menjadi 800 ribu lebih pengunjung pertahun, karena keberadaan TMSB Bukittinggi yang bertarafkan internasional,” ujar Melfi Abra  Rabu (30/3).

Dijelaskannya, untuk saat ini renovasi TMSBK dalam tahap perencanaan yakni pembuatan grand design dan rencana penyu­sunan detail kawasan atau Detail Engineering Design (DED) yang dilakukan oleh tim kon­sultan dari luar negeri. Diperkiran DED tersebut rampung pertengahan tahun ini.

Selama masa renovasi TMSBK bakal ditutup  secara bertahap ataupun secara keseluruhan guna kelancaran pekerjaan. “Namun penutupan itu baru dilakukan pada saat pengerjaan pembangunan dilaksanakan, dan waktunya juga  belum ditentukan,” jelas Melfi.

Diakuinya, penutupan yang dilakukan tersebut nantinya juga akan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Namun demikian setelah renovasi, akan memberikan pengaruh yang positif. “Berdasarkan survei dari tim konsultan, penutupan yang dilakukan akan dapat diatasi karena pengunjung akan meningkat setelah pembukaan kebun binatang yang baru dengan taraf internasional,” ujarnya.

Terkait retribusi TMSBK saat ini, Melfi menambahkan bahwa Retribusi pertahun mencapai Rp 6 miliar pertahun, diperkirakan dengan adanya renovasi akan meningkat menjadi Rp12 miliar pada tahun pertama pembukaan. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 20:04:04 WIB

    GOR Rawang dan GOR Pauh Kota Pariaman Direnovasi

    GOR Rawang dan GOR Pauh Kota Pariaman Direnovasi PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Renovasi GOR Rawang dan GOR Pauh Kota Pariaman menjadi langkah kongkrit Pemko Pariaman dalam pengembangan generisasi muda dibidang olah raga, sekaligus persiapan mewujudkan rencana menjadi tuan ru.
  • Selasa, 08 Agustus 2017 - 16:55:08 WIB

    Rumah Veteran Sumbar Akan Direnovasi

    Rumah Veteran Sumbar Akan Direnovasi PADANG, HARIANHALUAN.COM — Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membedah puluhan rumah veteran di Sumatra Barat (Sumbar) dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72..
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 04:22:10 WIB
    JADIKAN KAWASAN WISATA RELEGIUS

    Mensos Khofifah Dukung Renovasi Makam M Yamin

    Mensos Khofifah Dukung Renovasi Makam M Yamin SAWAHLUNTO, HALUAN — Mentri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menyambut baik rencana dan pengajuan proposal pemerintah kota Sawahlunto terkait pembangunan tugu dan renovasi areal pemakaman Maha Putra Muhammad Yamin.Pemban.
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 11:19:33 WIB

    Empat SD Terima Dana Renovasi Sekolah

    PARIAMAN, HALUAN—Empat Sekolah Dasar (SD) di Kota Pariaman dapat peningkatan pem­bangunan sarana dan prasarana fisik melalui APBD tahun 2016.Pembangunan sarana dan prasarana terhadap SD tersebut dimulai dari pembangunan pa.
  • Ahad, 29 Mei 2016 - 15:50:34 WIB

    Eks Kantor Bupati Solok akan Direnovasi, UMMY Solok Bersiap Pindah

    Eks Kantor Bupati Solok akan Direnovasi, UMMY Solok Bersiap Pindah SOLOK, HALUAN – Kampus Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok yang menempati eks kantor Bupati Solok di Koto Baru, harus siap-siap untuk hengkang karena Pemerintah Kabupaten Solok melakukan renovasi eks kantor bu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]