Bangun Daerah

SKPD Harus Hilangkan Ego Sektoral


Jumat, 01 April 2016 - 04:11:25 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bupati Li­ma­puluh Kota, Irfendi Arbi meminta Satuan Kerja Pe­rangkat Daerah (SKPD) untuk menghilangkan ego sektoral, guna pelaksanaan pembangunan berlangsung optimal. Selain itu ia juga mengingatkan setiap apa­ratur di daerah ini untuk merobah mindset  bekerja buat kepentingan rakyat banyak.

“Saya meminta semua SKPD menghilangkan ego sektoral masing-masing da­lam penyusunan RKPD ini. Karena tidak ingin ada yang sombong dan mengaku le­bih mampu,” ujar Irfendi Arbi, saat membuka Mus­renbang Rencana Kerja Pem­­bangunan Daerah (RKPD) Limapuluh Kota tahun 2016 di ruang sidang 3 Politeknik Pertanian Ne­geri Payakumbuh di Tanjung Pati, Rabu (30/3).

Dikatakannya, seluruh SKPD harus bersinergi dan saling mendukung. Jangan sampai SKPD yang satu dan lainnya berjalan sendiri-sendiri supaya pelaksanaan pembangunan yang diren­canakan berjalan op­timal. “Mari bangkit bersama me­wujudkan Limapuluh Kota yang sejahtera,”sebutnya.

Ia juga meminta agar semua SKPD memahami dan mendukung RPJM dae­rah ini. Khusus terhadap para kepala SKPD diha­rapkan untuk bisa beri­no­vasi, kreatif dan berani me­lahirkan ide ide yang ce­merlang.

Setiap SKPD mem­punyai Indeks Kinerja Utama (IKU). Pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) misalnya, kalau bisa dipindahkan ke kecamatan, mestinya masyarakat tidak harus lagi mengurusnya ke Kantor Disduk Capil yang ada di Payakumbuh.

Dalam kesempatan itu, Bupati Irfendi Arbi, juga menyorot kinerja pada Di­nas Sosial dan Tenaga Kerja Limapuluh Kota, se­ha­rusnya tahu apa yang mesti diperbuatnya. Alangkah menyedihkannya hari ini masih saja ada masyarakat daerah Luak nan Bungsu ini yang hidup terpasung.

Apakah Dinas Sosial sejauh ini mengetahui dan memiliki catatan berapa jumlah warga Limapuluh Kota, yang sebenarnya saat ini dipasung. Saya tahu persis bahwa jumlahnya lebih dari 100 orang. Apa yang sudah dilakukan Dinas Sosial terhadap mereka yang malang itu, begitu pula dengan para jompo.

“Kita tak ingin mereka dibiarkan hidup miskin dan lapar. Termasuk masalah anak berprestasi yang putus seko­lah hanya karena orang­tuanya miskin,” ingatnya.

 Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Ko­ta, Sastri Andiko dalam penyampaiannya berharap hasil Musrembang hendak­nya lebih maksimal dari tahun-tahun sebelumnya. Ia juga mengharapkan pem­bangunan di daerah ini dialo­kasikan secara merata di seluruh kecamatan, ulasnya dihadapan hadirin termasuk Sekertaris Bap­peda setempat, Khairunas. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 01:09:26 WIB

    SKPD se Agam Bersihkan KJA Danau Maninjau

    SKPD se Agam Bersihkan KJA  Danau Maninjau Agam,Haluan — Gera­kan Penyelematan Danau Maninjau juga dilakukan di dadaratan dengan membuka dan meningkatkan usaha ekonomi masyarakat sekitar danau sehingga mereka ti­dak lagi terfokus kepada usaha Keramba Jala Apu­ng(.
  • Sabtu, 24 September 2016 - 03:12:16 WIB

    Belanja SKPD Payakumbuh Dipangkas

    Belanja SKPD Payakumbuh Dipangkas PAYAKUMBUH, HALUAN — Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menyampaikan pengantar nota keuangan perubahan APBD Payakumbuh 2016, dalam sidang Paripurna DPRD setempat, Jumat kemarin..
  • Kamis, 08 September 2016 - 21:50:23 WIB

    Wah, Gubernur akan Evaluasi 8 Kepala SKPD di Sumbar.

    Wah, Gubernur akan Evaluasi 8 Kepala SKPD di Sumbar. PADANG, HALUAN – Gubernur Sumbar Irwan berjanji akan mengevaluasi 8 Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Sumbar. Evaluasi terkait penilaian Komisi Informasi (KI) Sumbar yang menyebut, ada delapa.
  • Ahad, 04 September 2016 - 18:21:51 WIB

    Gubernur Harus Jewer 8 SKPD

    Gubernur Harus Jewer 8 SKPD Secara keseluruhan, ada 48 SKPD yang serahkan kuisioner. Ada 40 SKPD yang mengembalikan. Delapan SKPD yang tidak mengembalikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pertanian, Dinas ESDM, Sat Pol .
  • Senin, 29 Agustus 2016 - 11:24:53 WIB

    Sejumlah SKPD di Pasaman Bakal Dirombak

    PASAMAN, HALUAN — Sejumlah SKPD di lingkup Pemkab Pasaman akan mengalami perombaka,n me­nyusul terbitnya Peraturan Pe­me­rintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah atau SOTK. PP tersebut langsung d­ires­p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]