Aturan Sering Dilanggar

3 Bulan Terjadi 38 Kecelakan di Pasbar


Jumat, 01 April 2016 - 04:17:02 WIB
3 Bulan Terjadi 38 Kecelakan di Pasbar KASAT Lantas Polres Pasbar, AKP. Joni Darmawan didampingi Kanit Laka, IPDA. Zulfikar saat memperlihatkan kendaraan yang berhasil di amankan Satlantas Polres Pasbar beberapa waktu yang lalu. (FADLI)

PASAMAN BARAT, HA­LUAN  — Akibat kurangnya kesadaran berlalulintas dan masih banyaknya pe­nge­n­dara yang melanggar aturan lalu lintas, tercatat sudah 38 kasus yang terjadi di wilayah hukum laka lantas Polres Pasaman Barat (Pasbar) terhitung bulan Januari sam­pai Maret 2016 ini.

Kasat Lantas Polres Pas­bar AKP. Joni Darmawan melalui Kanit Lakalantas, IPDA Zulfikar kepada ha­luan Kamis, (31/3) di ruang kerjanya mengatakan, dari 38 kasus laka lantas ter­sebut, didominasi oleh kendaraan roda dua dengan usia pengendara yang masih produktif dari umur tiga puluh tahun ke­ba­wah,” ka­tanya. “Tingginya kasus laka lantas di wilayah hukum Sat Lantas Polres Pasbar di­sebabkan masih banyaknya pengendara yang melanggar atu­ran lalin seperti, men­dahului kendaraan lainnya tanpa melihat kendaraan di depan, memasuki jalan uta­ma tanpa melihat kiri dan kanan, berbelok secara men­­dadak tanpa mem­per­hatikan kendaraan di depan dan belakang,”pungkasnya.

Lebih jauh, dari 38 kasus sampai bulan ini tercatat, 14 orang meninggal dunia, 27 orang mengalami luka be­rat, dan 37 orang mengalami luka ringan. Sementara ke­ru­gian yang di timbulkan le­bih ku­rang Rp46.900.000,” terang Zulfikar.

Untuk menekan ting­ginya angka laka lantas ter­sebut, ia menghimbau ke­pada seluruh lapisan ma­syarakat agar hati-hati da­lam berkendara yang ten­tunya dengan mem­per­ha­ti­kan keselamatan diri sen­diri dan orang lain.

Kepada orang tua juga diharapkan kiranya tidak bosan memberikan arahan kepada anak-anaknya yang masih dalam keadaan labil, agar tidak ugal-ugalan dan meniru teman-temannya yang tidak mematuhi aturan. Terlebih bagi orang tua yang memberikan fasilitas kepa­da anaknya dengan meng­gunakan kendaraan ke se­kolah maupun di luar se­kolah,”harapnya. (h/fad)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]