Januari – Maret 2016

Terjadi 95 Kasus Kebakaran di Padang


Jumat, 01 April 2016 - 04:21:56 WIB

PADANG, HALUAN — Sela­ma triwulan 1 tahun 2016 (Januari-Maret), setidaknya Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah - Pemadam Ke­bakaran (BPBD&PK) Kota Padang mencatat setidaknya telah terjadi sebanyak 95 kasus kebakaran.

Paling banyak terjadi pada Januari. Kebakaran sepanjang tiga bulan belakangan ini juga menewaskan dua orang wa­nita bernama Rani Angela (23) dan Mitra (20), seorang karyawan di salah satu kios di pusat perbelanjaan Plaza An­dalas pada Kamis (10/3) lalu. Dari kebakaran tersebut, se­tidaknya kerugian mencapai Rp11.107.000.000.

Kepala Bidang Pe­ma­dam Kebakaran (Kabid Damkar) Kota Padang, Harri Fidrian men­jelas­kan, penyebab keba­karan sendiri selain dise­babkan oleh korsleting listrik dan kompor meledak, juga masih banyaknya warga dan instansi yang tidak me­nge­tahui nomor pema­dam ke­bakaran disaat terjadinya kebakaran.

“Masih saja ditemukan warga dan instansi yang tidak mengetahui nomor kontak dari damkar Kota Padang, akibatnya, jika sewaktu-waktu terjadinya kebakaran masya­rakat tidak tahu kemana meng­­hubungi petugas pema­dam,” ungkapnya.

Tidak ketinggalan ia juga menyoroti masih ada dite­mukan pemukiman warga dan instansi yang hanya menggu­nakan alat pemadam api ri­ngan (apar), namun tidak meng­gunakan hydra dan pro­teksi dini terhadap kebakaran.

“Apar saja tidak cu­kup untuk memadamkan api, na­mun juga dibu­tuhkan pema­dam otomatis atau yang biasa disebut hyd­ra dan proteksi kebakaran seperti alarm kebakaran,” tuturnya.

Harri juga menghimbau kepada masyarakat dan ins­tansi pemerintahan maupun swasta untuk menyimpan no­mor kontak dari damkar Kota Padang mengingat kebakaran bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun.

“Silahkan hubungi kami di nomor kontak (0751) 28558. Petugas jaga akan siaga 24 jam dan tujuh hari untuk mene­rima laporan jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran,” tukasnya. (h/mg-adl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Januari 2020 - 15:10:30 WIB

    Menggembirakan! Terjadi Penurunan Kasus di Polresta Padang

    Menggembirakan! Terjadi Penurunan Kasus di Polresta Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sepanjang tahun 2019, banyak peristiwa yang terjadi di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang. Salah satu peristiwa yang paling menonjol yakni, aksi terorisme yang terjadi di berbagai wilayah. .
  • Jumat, 05 Oktober 2018 - 22:02:46 WIB

    Ada Perbaikan Pipa, PDAM Kota Padang: Bakal Terjadi Gangguan

    Ada Perbaikan Pipa, PDAM Kota Padang: Bakal Terjadi Gangguan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait adanya perbaikan jaringan pipa air bersih di Jalan Joni Anwar-Lapai, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang menyampaikan bakal ada gangguan distribusi kepada pelanggan..
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:57:26 WIB

    Selama Tahun 2016, Terjadi 378 Kasus Bencana Alam

    PADANG, HALUAN — Sepanjang bulan Januari hingga Desember tahun ini, peristiwa bencana alam meningkat 30 persen. Sepanjang tahun ini, tercatat 378 kasus dari berbagai peristiwa. Sedangkan tahun 2015 hanya sebanyak 292 kas.
  • Kamis, 10 November 2016 - 00:42:53 WIB

    Lubang di Perlintasan Rel Lubuk Buaya Kerap Memicu Terjadinya Kecelakaan

    Lubang di Perlintasan Rel Lubuk Buaya Kerap Memicu Terjadinya Kecelakaan PADANG, HALUAN—Pe­ngen­dara yang melintasi rel kereta Api di Lubuk Buaya Padang, keluhkan lubang jalan yang begitu besar. Kondisi itu, telah lama dikeluhkan oleh pengendara khususnya warga Lubuk Buaya Padang..
  • Senin, 26 September 2016 - 01:52:37 WIB

    Mendikbud: Terjadi Kesenjangan di Bidang Pendidikan

    Mendikbud: Terjadi Kesenjangan di Bidang Pendidikan PADANG, HALUAN—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berkunjung ke Sumatera Barat, Sabtu (24/9). Kunjungan ini dalam rangka mem­berikan kuliah umum pada Seminar Nasional Pendidikan (Semdik) Fakulta.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]