Fase VII Segera Jadi Hotel


Jumat, 01 April 2016 - 04:23:37 WIB

PADANG, HALUAN — Pasar Raya Padang Fase VII nantinya akan disulap menjadi  hotel bertingkat delapan. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pasar Padang Endrizal pada Haluan, Kamis (31/3).

“Namun demikian butuh perencanaan matang, ber­tahap dan lama untuk me­wujudkannya. Setidaknya di­bu­tuhkan waktu sekitar lima tahun untuk mewujudkan hal tersebut,” ujar Endrizal.

Endrizal menyampaikan bahwa fase VII sebelum di­bangun hotel nantinya akan digunakan sebagai tempat penampungan pedagang se­men­tara, termasuk dian­tara­nya untuk menampung peda­gang Padang Teater.

Untuk gedung Padang Teater dikatakannya tidak bisa hanya direhap atau diper­baiki karena bangunan terse­but sudah sangat mem­priha­tin­kan kondisinya.  Bangunan tersebut harus dibangun ulang dari awal. “Tidak bisa diperbaiki begitu saja,” kata­nya.

Ditambahkannya, pem­bong­karan Padang Teater Pasar Raya Padang sekarang ini masih jauh dari jangkauan. Pasalnya, hingga saat ini area tersebut, kini masih dalam proses administrasi.

“Setelah proses ad­minis­trasi diselesaikan barulah persiapan proses tender dila­kukan untuk kemudian siapa yang akan menang dalam pengerjaannya nanti. Jika cocok, maka pemenang ten­der tersebut yang akan me­ngerjakannya,” tukasnya.

Soal tempat-tempat usaha yang berada di Padang Teater tersebut seperti salon-salon, tukang jahit dan sebagainya akan dicarikan tempat se­mentara ataupun akan dibi­carakan kelanjutannya.

“Untuk pedagang di fase bawah Padang Teater, saat bangunan itu dikerjakan, nan­ti­nya pedagang yang berada di sana akan dipindahkan se­men­tara ke Fase VII ataupun Gedung Matahari lama.

Untuk salon tersebut mung­kin tidak semuanya yang akan kembali menjadi salon jika dipindahkan. Kita akan lihat dulu mana salon tersebut yang ada kartunya dan jika layak sesuai aturan akan kita perhitungkan kem­bali.

Namun untuk di bawah Padang Teater, kita akan bagi menjadi tiga fase. Fase perta­ma dipindahkan ke Fase VII, dan setelah siap dikem­ba­likan lagi lalu digantikan lagi dengan fase berikutnya. Itu program jangka panjang lima tahun ke depan,” ulasnya.

Sementara itu, salah seo­rang pedagang di Fase VII Alek mengatakan bahwa se­tuju saja jika akan dirubah menjadi hotel, hanya saja harus ada pertimbangan yang jelas soal nasib pedagang.

“Tidak masalah, namun jangan sampai kita dibuang begitu saja. Harus ada solusi dari Pemko kemana kita akan dipindahkan,” jelasnya. (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Juni 2019 - 22:56:17 WIB

    Akhir Juni, Proyek Pekerjaan Fase VII Pasar Raya Padang Dimulai

    Akhir Juni, Proyek Pekerjaan Fase VII Pasar Raya Padang Dimulai PADANG, HARIANHALUAN.COM - Rencana pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang sudah di depan mata. Pasalnya, pada akhir Juni tahun ini pembangunan akan mulai dilakukan yang dimulai dari Fase VII..
  • Senin, 14 Desember 2015 - 03:00:16 WIB

    PKL dan Pedagang Fase VII Beda Pendapat

    PADANG, HALUAN — Pedagang dan PKL Fase VII mulai beda pendapat dalam penataan area sekitar fase. Antara pedagang dan PKL terjadi perselisihan dalam ukuran meja dan tingginya gantungan PKL..
  • Selasa, 19 Mei 2015 - 19:32:16 WIB

    Pembangunan Fase VII dan Inpres II Selesai

    SEMRAWUT PASAR RAYA TERATASI

    PADANG, HALUAN — Seta­hun kepemimpinan Mahyeldi-Emzalmi (MahEm) untuk me­ngu­rus Pasar Raya Padang berlahan mulai .

  • Kamis, 09 April 2015 - 18:42:14 WIB

    Rehabilitasi Pasar Raya Fase VII Berlanjut

    PEMENANG TENDER DITEMUKAN

    PADANG, HALUAN — Dinas Pasar Kota Padang telah men­dapatkan pemenang tender untuk melanjutkan pem­bangu­nan Pasar Raya Fase VII yang terhenti, karena kontraktor tak m.

  • Jumat, 13 Maret 2015 - 19:26:49 WIB

    Sempat Terhenti, Pembangunan Fase VII Dilanjutkan

    PADANG, HALUAN — Fase VII Pasar Raya Padang sem­pat mengalami gangguan pem­bangunan di tahun 2014. Saat ini, dilanjutkan kembali de­ngan anggaran Rp2 miliar dan tuntas tahun 2016 mendatang. Jika tidak.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]