RBM Bandung Peduli Disabilitas


Jumat, 01 April 2016 - 04:24:09 WIB
RBM Bandung Peduli Disabilitas KETUA RBM Ny. Atalia Ridwan bertukar cenderamata dengan Ketua RBM Kota Padang, Ny. Harneli Mahyeldi.

PADANG, HALUAN—Ketua Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Kota Ban­dung, Ny. Atalia Ridwan Kamil datang berkunjung ke Padang, Rabu (30/3) sore lalu. Istri Walikota Bandung itu datang ke Padang membawa cinta bagi penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus-red) di Kota Padang.  “Kami ke sini membawa cinta (bagi penyandang disabilitas),” katanya di Palanta kediaman Walikota Padang.

Ny Atalia mengakui kunjungannya ke Padang dalam rangka belajar bagaimana cara pendataan, melayani dan memperbaiki inftastruktur bagi penyandang disabilitas. Sebab menurutnya, penyandang disabilitas sangat perlu mendapat perhatian.

Di akhir sambutan, Ny. Atalia menyam­paikan salam dari Walikota Bandung, Ridwan Kamil kepada Walikota Padang. Tak lupa, Ny. Atalia Ridwan Kamil ikut berpantun sebelum menutup sambutannya. “Kami datang ke Kota Padang, menimba ilmu dan pengalaman. Dengan cinta dan kasih sayang, semoga kita, Padang dan Bandung, erat selamanya,” ujarnya ber­pantun.

Sementara itu, Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo mengaku tersanjung dengan kedatangan Ketua RBM Kota Bandung ke Kota Padang. Menurutnya, sebenarnya bukan Bandung yang belajar ke Kota Padang, akan tetapi Padang yang banyak belajar ke Kota Bandung. “Untuk disabilitas, kita baru memulai dan mencoba setahap demi setahap,” sebut Mahyeldi.

Diterangkannya, saat ini Kota Padang sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) disabilitas. Selain itu juga terdapat produk hukum lainnya yakni Peraturan Walikota Padang (Perwako) tentang kawasan ramah disabilitas. “Tahun ini kita akan launching kawasan ramah disabilitas,” katanya.

Walikota mengakui jika fasilitas umum di Kota Padang belum seluruhnya ramah disabilitas. Mahyeldi berharap, setelah dibuatnya Perda tentang disabilitas selu­ruhnya akan terakomodasi dengan baik. “Setelah ini semuanya akan terintegrasi dengan perencanaan,” katanya.

Disebutkan Walikota, hanya beberapa kantor yang sudah ramah bagi penyandang disabilitas. Seperti Balaikota, beberapa bank dan lainnya. “Untuk yang lain kita harapkan dapat melengkapinya,” ung­kapnya.

Dalam pertemuan itu, Ketua RBM Kota Padang, Ny. Harneli Mahyeldi melakukan ekspos tentang Kota Padang. Di penghujung acara dilakukan pertukaran cenderamata. Tampak hadir diantaranya Ketua GOW Kota Padang, Ny. Eti Emzalmi serta Ketua DW Kota Padang, Ny. Dewi Nasir Ah­mad.(h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]