Komisi IV DPRD Sumbar Kawal Reklamasi Tambang PT SLN


Jumat, 01 April 2016 - 04:27:57 WIB

PADANG, HALUAN — Per­ma­salahan Reklamasi (pere­majaan) lahan tambang yang mesti dilakukan PT Sinamar Lestari Nusantara (SLN) di Kabupaten Dharmasraya men­dapat perhatian Komisi IV DPRD Sumbar. 

Saat hearing Komisi IV DPRD Sumbar dengan PT SLN dan mitra kerja, beberapa waktu lalu terungkap, dari awal beroperasi hingga sekarang perusahaan bersangkutan telah berhasil mengeruk batu bara di Kabupaten Dharmasraya hing­ga 3 juta ton. 

Izin perusahaan akan be­rakhir pada Desember 2016 mendatang. Sesuai aturan, PT SLN mestinya sudah harus melakukan reklamasi ter­ha­dap bekas tambang mereka dari awal tahun sekarang. Na­mun hingga Maret reklamasi belum kunjung dilakukan. 

Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Marlis Selasa (30/3) menuturkan, Komisi yang membidangi pembangunan ini komitmen mengawal per­soal­an yang ada hingga selesai.

Dikatakan, DPRD Sum­bar akan mendesak peru­sahaan bersangkutan untuk merek­lamasi lahan bekas tambang batubara yang se­lama ini di­gali.

Jika hal itu tak dilakukan bukan tak mungkin DPRD akan melaporkan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Dharmasraya tersebut ke ra­nah hukum, dan membentuk Pan­sus untuk mengusutnya.

Dari informasi yang masuk ke DPRD, bekerja sama de­ng­an Pemerintah Kabupaten (Pe­­m­kab) Dharmasraya, be­be­rapa waktu lalu dinas terkait di provinsi telah mengundang PT SLN untuk mengadakan per­temuan, namun dengan ber­bagai alasan PT SLN tak per­nah menghadiri undangan ya­ng disampaikan pada mereka.

Marlis meminta pihak PT SLN melunaskan kewaji­ban­nya yang masih tersisa Rp900 juta dari Rp5 miliar dana jaminan reklamasi yang se­harus­nya dibayarkan sebelum habis masa Izin Usaha Per­tambangan (IUP).

Sekretaris Komisi IV DPRD Sumbar, Muzli M Nur juga mengatakan, harus ada kejelasan kapan persoalan ini dituntaskan.  (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]