September, Pemprov Bangun Perumahan

Ribuan PNS Belum Punya Rumah


Jumat, 01 April 2016 - 04:28:54 WIB

PADANG, HALUAN — Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum PNS), merilis hasil Pendataan Ulang PNS di lingkungan Pemprov Sumbar tahun 2015. Dari pendataan tersebut, se­banyak 2.634 PNS Pemprov Sumbar tercatat masih belum memiliki rumah. Ada yang masih mengontrak, bahkan ada yang masih tinggal di “pondok mertua indah”.

Direktur Pelayanan pa­da Pelaksana Sekretariat Tetap Bapertarum PNS, Edy Dhar­mawan menyebut, dari jum­lah 2.634 PNS itu, masing-masingnya dikla­si­fikasikan ke dalam empat kelompok berdasarkan go­long­an. Di antaranya go­long­an I se­banyak 106 PNS, golongan II 1.041 PNS, golongan III 1.377 PNS dan golongan IV sebanyak 110 PNS.

“Untuk itu, kami me­ngu­sulkan agar Pemprov Sumbar dapat memfasilitasi pembangunan perumahan khusus untuk PNS, yang nantinya melibatkan pihak pengembang yang telah me­miliki lahan,” kata Edy di ruang Sekdaprov Sumbar, Ali Asmar, Kamis (31/3).

Bagi para PNS yang ak­an membeli rumah nantinya jelas Edy, masing-ma­sing­nya akan mendapatkan ban­tu­an dari Bapertarum PNS. Ban­tu­an tersebut di­antara­nya berupa Bantuan Uang Muka (BUM) dan Bantuan Ta­bung­an Perumahan (BTP).

Untuk BUM di­ke­lom­pok­kan berdasarkan go­longan, se­da­ng­kan untuk BTP ditetapkan se­be­sar Rp4 juta.

“Untuk BU­M, besarannya mulai dari Rp 1,2 juta hingga Rp1,8 juta. Se­lain ban­tuan da­ri Ba­per­tarum PNS, se­suai Per­men PUPR No. 42/PRT/M/2015, juga akan ada bantuan se­besar Rp4 juta dari Ke­men­terian PUPR bagi masya­rakat ber­penghasilan ren­dah (MBR), serta bagi PNS dengan gaji po­kok tak lebih da­ri Rp4 juta,” papar Edy.

Wujud Perhatian Gubernur

Sekretaris Ko­r­­pri Sumbar, H Eko Paisal di­dampingi Kabag Bansos dan Hu­kum Yudi Ed­mund menjawab Haluan kemarin mengatakan, wa­cana pem­bangu­nan Peru­mahan Pem­da, memang sudah cukup la­ma menjadi harapan Gu­ber­nur Sumbar, Irwan Pra­yitno. Hal ini, sekaligus menjadi bukti perhatian Pemprov terhadap PNS dan masyarakat berpenghasilan rendah.

“Sesuai perintah Gu­ber­nur yang langsung merespon usulan ini, Insya Allah da­lam waktu dekat kita akan segera lakukan MoU de­ng­an Bank Tabungan Negara (BTN) selaku pen­ye­leng­gara kredit perumahan,” kata Eko.

Pertemuan dengan Ba­per­tarum PNS di ruang ra­pat Sekdaprov kemarin, turut dihadiri Branch Ma­nager PT. Bank Tabungan Negara Per­sero Tbk, Zul­marwan, Ketua REI DPD Sumbar dan Ketua APERSI DPD Sumbar. Hadir juga Kepala BKD Sumbar, Ke­pala DPKD, Karo Penge­lolaan Aset Daerah, Karo Organisasi dan Karo Pere­konomian.

“Setelah dengan BTN, kita juga akan segera laku­kan MoU dengan pihak pengembang.

Jika tidak ada halangan, pembangunan sudah akan dimulai pada September 2016 men­data­ng,” tandas Eko seraya men­ye­but, jika pembangunan perumahan PNS tersebut, merupakan program nasio­nal yang se­kaligus menjadi re­ko­men­dasi Korpri pada Munas VII November 2009 lalu. (h/yan)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 Mei 2020 - 15:08:39 WIB

    PT Bukit Asam Salurkan Ribuan APD dan Kebutuhan Pokok

    PT Bukit Asam Salurkan Ribuan APD dan Kebutuhan Pokok HARIANHALUAN.COM -- Dorong pencegahan sebaran virus corona serta penanganan dampak akibat pandemi covid-19, PT Bukit Asam Tbk menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) dan kebutuhan pokok bagi masyarakat Sumatera Barat..
  • Jumat, 20 Desember 2019 - 13:32:40 WIB

    Siaga Nataru, PLN UIW Sumbar Siapkan Ribuan Petugas

    Siaga Nataru, PLN UIW Sumbar Siapkan Ribuan Petugas PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menyiagakan personel jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Setidaknya, ribuan personel dipersiapkan untuk melayani masya.
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 22:01:47 WIB

    Gara-gara Kurang Daya, Ribuan Lampu Jalan By Pass di Padang Nyala Bergantian

    Gara-gara Kurang Daya, Ribuan Lampu Jalan By Pass di Padang Nyala Bergantian PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sepanjang 25 km di Jalan Bypass terdapat 631 tiang lampu jalan dengan jumlah bola lampu 1.262. Namun, dari arah Air Pacah ke batas kota, lampu jalan dihidupkan secara bergantian..
  • Senin, 11 Maret 2019 - 13:43:18 WIB

    Ribuan Surat Suara di Padang Rusak

    Ribuan Surat Suara di Padang Rusak PADANG, HARIANHALUAN.COM—KPU Kota Padang memerkirakan ribuan kertas surat suara yang akan digunakan dalam pemilu presiden dan pemilu legislatif di Kota Padang pada 17 April 2019 mendatang dalam keadaan rusak. Saat ini, petu.
  • Senin, 11 Februari 2019 - 11:14:48 WIB

    Razia di Padang, Ribuan Miras dan 22 Orang Diamankan

    Razia di Padang, Ribuan Miras dan 22 Orang Diamankan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ribuan botol minuman beralkohol beserta 22 orang yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, saat melakukan razia di tempat hiburan malam.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]