Bupati Datangi BPK Sumbar

Dharmasraya Incar WTP Perdana


Jumat, 01 April 2016 - 04:38:38 WIB
Dharmasraya Incar WTP Perdana BUPATI Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE (kanan) berdiskusi di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sumbar, Kamis (31/3).

DHARMASRAYA, HALUAN — Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE, menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar). Laporan yang dikemas dalam tiga buku besar itu mendapat aspirasi dan diterima langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Eldy Mustafa, SH. MA di ruang pertemuan utama gedung BPK Perwakilan Sumbar, di Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Kamis (31/3).

Kesempatan itu, Sutan Riska Tuanku Kerajaan langsung di­sambut Kepala Bagian (Kabag) Humas BPK dan sejumlah peja­bat Dharmasraya, yakni Sekre­taris Daerah Benny Mukhtar, Inspektur Daerah Suwardi, Ke­pa­la DPPKD Palawasita, Asisten Sekda Bidang Administrasi Leli Arni, Kabag Humas dan Protokol Budi Waluyo, Kabag Hukum dan Organisasi Masheri Yanda Boy.

Bupati termuda seantero nusantara itu pada pertemuan tersebut mengatakan pihaknya mengantarkan laporan keuangan. Laporan keuangan yang diantar itu, katanya, terdiri atas tujuh laporan di antaranya laporan arus kas, laporan operasional, catatan hasil pemeriksaan, neraca ke­uangan dan lainnya.

“Tim sudah bekerja keras menyusn dan menyajikan lapo­ran, mereka juga sudah berupaya menuntaskan berbagai hal yang menjadi masalah terutama penye­lesaian masalah aset dan masalah ketekoran kas di Badan Ling­kungan Hidup,”ucap Bupati Dharmasraya.

Dengan adanya laporan ke­uangan yang sudah diupayakan sempurna, Sutan Riska berharap agar BPK memberi opini baik atas laporan keuangan yang dian­tarkan. Ia juga menyatakan siap untuk diaudit dan diperiksa selanjutnya. Sementara Kepala BPK Perwakilan Sumbar Eldy Mustafa menyatakan, BPK hanya akan menjalankan rumus pem­berian opini atas laporan keua­ngan. Jika laporan sudah baik, otomatis akan dapat predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Demikian sebaliknya, jika kurang maka otomatis opini­nya kurang juga.

Sementara, usai memberikan sambutan kedua belah pihak, Sutan Riska menyerahkan buku laporan dan diterima oleh Kepala BPK Perwakilan Sumbar Eldy Mustafa. Setelah penyerahan resmi disambung dengan ramah tamah dan poto bersama. Selesai acara, Bupati meninggalkan gedung BPK dan kembali ke Dharmasraya. Penyerahan lapo­ran keuangan daerah Kabupaten Dharmasraya merupakan yang pertama di antara kabupaten pemekaran di Sumbar. “Ini per­tanda baik,” sebut Eldy Mustafa usai acara itu.

Seterusnya, keinginan untuk meraih opini penilaian laporan keuangan Pemda dengan pre­diket Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sudah menjadi kerinduan yang membuncah bagi Peme­rintahan Kabupaten Dharmas­raya.

Sementara, sudah 12 tahun usia Bumi Mekar, namun belum pernah mendapat prediket ber­gengsi itu sekali pun. Karena itulah, teramat wajar jika Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuan­ku Kerajaan berharap agar tahun ini Dharmasraya bisa membawa pulang penghargaan itu.

“Ini adalah kerinduan selama 12 tahun. Akan menjadi kado indah jika Dharmasraya meraih WTP tahun ini,” ujarnya Kamis (31/1) kemaren.

LKPD diterima langsung Kepala Perwakilan BPK Sumbar Eldy Mustafa, SH, MH. Laporan itu akan diperiksa selama 40 hari ke depan sebelum dinilai. (h/mdi/mg-bdr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]