Kompleks Makam Syekh Burhanuddin Terbakar


Jumat, 01 April 2016 - 04:39:04 WIB

PADANG, HALUAN — Kompleks makam Syekh Burhanudin di Ulakan Tapakis Kabupaten Pa­dang Pariaman, Kamis (31/3) siang ter­bakar. Akibatnya, sebuah surau tua yang ada di kompleks makam tersebut, nyaris ludes dilahap si jago merah.

Kebakaran ini sempat membuat panik warga sekitar dan penziarah. Sejumlah pengunjung terkejut melihat asap mengepul dari salah satu bangunan di kompleks. Sebagian dari mereka ada yang langsung menyelamatkan diri keluar kompleks, dan sebagian lagi ada yang berupaya menyiram dengan peralatan seadanya.

Tak lama berselang setelah kejadian, atau sekitar dua jam, api berhasil dipa­damkan. Empat unit mobil pemadam kebakaran Kota Pariaman dan dari Kabu­paten Padang Pariaman dilibatkan untuk menjinakkan api.

Menurut laporan pihak berwenang, peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa. Kapolres Padang Pariaman AKBP Rudi Yulianto mengatakan kebakaran terjadi saat warga di kawasan itu tengah melaksanakan ibadah salat Zuhur. “Surau itu terbakar saat warga sedang melaksanakan salat,”kata Rudi.

Menurut perwira bermelati dua itu, api berasal dari sebuah ruangan yang ada di bagian sebe­lah kiri surau. Api cepat mem­besar dan melahap bagian atap karena sebagian bahan bangunan surau tersebut mudah terbakar.

“Ini merupakan bangunan lama jadi api cepat melahap surau, api membesar pertama kali di bagian atap,” ungkapnya.

Rudi sendiri menyebutkan, dari hasil analisa awal pihaknya, peristiwa kebakaran ini ditaksir menimbulkan kerugian hingga Rp150 juta. Hanya saja, saat ditanya soal sumber api, Kapolres belum mau berkomentar panjang karena jajarannya masih mela­kukan identifikasi.

“Sumber api sudah kita dike­ta­hui. Namun yang jadi fokus adalah mencari penyebab keba­ka­ran. Jadi, kami masih menda­lami hal ini,” ujarnya. (h/mat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]