Tanjung Beringin Garap Pertanian


Jumat, 01 April 2016 - 14:13:16 WIB

PASAMAN, HALUAN — Na­gari Tanjung Beringin me­mi­liki lahan pertanian dan per­ke­bunan warga. Salah satu wilayah potensial yang di­kem­bangkan untuk pertanian  ber­lo­kasi di  di Bateh Siam­pang seberang Batang Silasuang.

Walinagari Tanjung­be­ri­ngin, Syahrial, me­ny­e­but­kan, lokasi ini merupakan per­kam­pungan yang telah ditinggal oleh penghuni (war­ga Tanjung­be­ringin), yang kini sudah men­jadi kawasan hutan Negara.

“Kita upayakan potensi pertanian itu, dihidupkan kembali, karena kalaupun hutan, itu malah jadi lahan tidur saja, apalagi sudah bekas kampung. Tetapi, kalau di­ke­lolah untuk pertanian maka bisa membuka lapangan usa­ha tani, dan bernilai ekonomis bagi masyarakat,” jelasnya.

Ia menyebutkan, Nagari Tanjungberingin memiliki banyak lahan perkebunan namun belum terkelolah de­ng­an maksimal. Seperti tren masyarakat setempat saat ini, menanami lahan kering deng­an tanaman jagung. Selain dari tanaman jagung, di lokasi Tikalak dan Koto Tangah, terdapat kebun-kebun kakao.

Untuk menunjang kegia­tan pertanian, kata Wali­na­gari, pada tahun 2015, peme­rintah nagari telah mem­bangun dua irigasi di Muaro Manggung, dan saluran per­tani­an di jorong I Tanjung Beringin.

Ia juga menyebut, tahun ini (2016), terdapat 18 ke­giat­an senilai Rp1,37 miliar yang dikelolah oleh Nagari pelak­sanaan pem­bangunan­nya. Dana tersebut ber­sum­ber dari Program Pem­bangu­nan Par­tisipatif Ber­basis Nagari (P2BN) Rp629 juta dan dana desa Rp750 juta.

“Dengan adanya sarana pen­dukung pembangunan ini, di­ha­rap geliat pembangunan di nagari tanjungberingin dapat dirasakan oleh semua warga, dan dapat me­ning­katkan taraf hidup layak bagi warga,” harapnya. (h/col).

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: r[email protected]