Jalan Desa Dijadikan Jalan Kabupaten


Jumat, 01 April 2016 - 14:18:11 WIB

TANAHDATAR, HALUAN — Dinas Pe­kerja­an Umum kabupaten Tanahdatar tengah melakukan pendataan ruas jalan desa dan jalan lingkungan untuk dapat ditingkatkan menjadi jalan kabupaten.

Hal itu dilakukan agar ruas jalan desa dan jalan setapak yang bermunculan pembangunan nya oleh Dinas Pertanian dan instansi lain, perawatan nya dapat dilakukan oleh Dinas PU kedepan nya.

Kepala Dinas PU Tanahdatar Ir  Tham­rin Basroel menjawab Haluan via telepon kemarin menyebutkan,  diperkirakan bakal terjadi penambahan  jalan kabupaten Tanahdatar dari sebelumnya sepanjang 1200 km menjadi 1400 km. Atau 200 km merupakan jalan desa dan jalan pertanian serta jalan lingkungan yang sudah banyak dibangun saat ini. Dengan demikian perbaikan dan Peningkatan nya dapat dianggarkan melalui APBD Tanahdatar dan dana Alokasi Khusus ( DAK ) setiap tahun.

Dikatakan Thamrin,  sebelum ruas jalan desa dan jalan pertanian atau jalan ling­kungan ditingkatkan statusnya  menjadi jalan Kabupaten, maka jalan itu belum bisa dipelihara atau diperbaiki. Bila terjadi longsor dan kerusakan jalan itu, maka  anggarannya tidak bisa dicantumkan dalam APBD maupun diusulkan melalui Dana Alokasi khusus.

Masyarakat atau pemerintahan nagari selama ini meminta perbaikan agar jalan pertanian atau jalan setapak itu bila rusak atau longsor ke Dinas PU,  sementara anggarannya belum tertuang dalam APBD atau DAK.  Sehingga harapan itu sulit untuk dipenuhi,  kata Thamrin Basroel.

Disamping itu, dinas pekerjaan umum saat ini telah menurunkan alat berat untuk mengerjakan ruas ruas jalan kabupaten yang sudah ditumbuhi semak belukar sekaligus membersihkan behrem jalannya. Namun karena dinas PU hanya   memiliki 1 buah alat berat, maka tidak semua jalan bisa dikerjakan pembersihannya mengingat jalan kabupaten memiliki panjang 1200 km. Kedepan kita berharap Dinas PU memiliki beberapa alat berat lagi agar semua jalan jalan di seluruh pelosok Tanahdatar bisa segera di perbaiki, ujar Thamrin lagi

“ Kami telah menurunkan alat berat untuk membenahi jalan jalan kabupaten yang tersebar di Tanahdatar terutama untuk mengikis behrem jalan yang ber­semak maupun sudah ditumbuhi rumput yang menyebabkan  jalan itu semakin men­yem­pit. Apalagi untuk jalan jalan di­perbatasan dengan kabupaten dan kota yang ada termasuk dengan kota Padang­panjang. Sayangnya kita baru punya 1 alat berat,  sehingga penanganannya menjadi lambat”,  ujar Thamrin Basroel menye­butkan. (h/one)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]