Bantuan Baznas Agam

Buruh Nuardi Peroleh Becak Motor


Jumat, 01 April 2016 - 14:51:00 WIB
Buruh Nuardi Peroleh Becak Motor Nuardi dengan becak motor bantuan Baznas Agam, Kamis kemarin. Lumayan untuk pengangkut ikan dalam mencari nafkah. (KASRA SCORVI)

Agam, Haluan — Cuaca panas pantai di Kampuang Darek Nagari Tiku Selatan siang Rabu (30/3) tidak membuat gerah dan lelah malah menimbulkan semangat bagi Nuardi(60), salah seorang buruh pengangkut ikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam.

Pasalnya, buruh kurang mampu yang telah 25 tahun bercucuran keringat menga­yuh becak sepeda, hari itu mendapat bantuan becak mo­tor dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Agam, yang diantarkan lansung oleh Pengurus Baznas Abdul Aziz didampingi Camat Tanjung Mutiara Ade Herlin ke Kam­puang Darek. “Saya bekerja sebagai buruh pengangkut ikan dari pantai ke TPI sejak 1991 menggunakan becak sepeda, sekarang kondisi be­cak saya tidak layak lagi, karena sudah tua, besinya banyak yang keropos, terima kasih kepada BAZ Agam yang memberikan becak mo­tor ini, sehingga paa saat tenaga makin berkurang saya tidak perlu menguras tenaga mengayuh becak untuk me­ngang­kut ikan” ungkap Nuar­di saat menerima bantuan.

“Setiap hari, mulai 07.00 WIB saya sudah berada di pantai menunggu ikan hasil tangkapan nelayan, p­ulang­nya sekitar pukul 15.00 WIB, kalau hasil tangkapan nelayan banyak saya dapat me­ngang­kut ikan dua trip dalam se­hari, satu trip terangkut lima keranjang, penghasilan saya ya sekitar Rp50.000/hari” lanjut buruh usia senja itu.

Dia mengatakan, buruh angkut ikan merupakan satu-satunya pekerjaan yang di­geluti­nya, dengan hasil pe­kerja­an itulah ia menghidupi keluarganya terdiri dari satu isteri dan tujuh orang anak. “Kalau ekonomi saya, lihat sajalah kondisi gubuk saya yang sederhana, begitupun orang nelayan di sini masih banyak yang seperti saya, miskin, apalagi akhir-akhir ini cuaca ekstreem sering melanda, sehingga kadang nelayan tidak bisa ke laut mencari nafkah”kata Nuardi sembari menunjuk ke ru­mah­nya yang sudah tua dan hanya berdinding papan.

Sementara itu pengurus Baznas Kabupaten Agam Abdul Aziz mengatakan, becak motor untuk Nuardi disalurkan melalui program BAZ ekonomi produktif. Nu­ar­di layak mendapat bantuan ini karena becak sepeda mi­lik­nya tidak layak pakai, tenaga Nuardi untuk me­nga­yuh becakpun semakin ber­kurang dan dia satu-satunya tulang punggung keluarga untuk mencari nafkah. “Mu­dah-mudahan becak motor ini dapat membantu Nuardi untuk melanjutkan usaha dan meningkatkan pere­ko­no­mi­an­­­nya.

Kalau sekarang Nuardi menjadi mustahik, kedepan diharapkan menjadi muzaqi “ harap Abdul Aziz.

Camat Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam Ade Her­lin, mengucapkan terima­kasih kepada Baznas yang telah memberikan bantuan becak motor kepada buruh kurang mampu itu.

“Kepada Nuardi di­harap­kan agar menjaga dan mera­wat becak motor ini supaya umur becak tersebut panjang dan menjadi alat untuk me­ni­ng­katkan perekonomiannya,” harap Ade. (h/ks)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 April 2016 - 02:28:52 WIB

    Nasib Buruh dan Kondisi Perusahaan

    Hari Buruh Internasional diĀ­peĀ­ringati setiap tanggal 1 Mei yang dikenal dengan May Day. Tahun 2016 ini Hari Buruh jatuh pada hari Minggu besok. Di Ibukota Jakarta, sudah ada rencana buruh melakukan aksi demo. Namun di Sumb.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]