Magister Pendidikan Ekonomi UNP

Siapkan SDM Tembus ASEAN


Jumat, 01 April 2016 - 15:57:36 WIB

PADANG, HALUAN — Te­lah diberlakukannya Ma­syarakat Ekonomi Asean (MEA) menjadi tantangan bagi Program Studi Ma­gister Pendidikan Ekonomi (MPDE) Universitas Ne­geri Padang (UNP) untuk mempersiapkan dan meng­hasilkan tenaga pendidik yang bisa berkiprah di ne­gara-negara Asean.

Hal ini sesuai dengan visi MPDE yaitu mengem­bangkan potensi sum­ber­daya manusia yang ber­kualitas dan berdaya saing dalam kajian pendidikan ekonomi sejalan dengan perkembangan ekonomi global.

“Mereka harus mampu menjadi dosen atau guru di ASEAN,” kata DR. Yul­hendri, Ketua Prodi MPDE, kepada Haluan saat dite­mui di ruang kerjanya di komplek MPDE UNP Pa­dang, Kamis (31/3).

Mahasiswa MPDE, lan­jut Yulhendri, tidak saja dipersiapkan untuk menjadi dosen dan guru yang ber­kualitas. Tetapi juga dikem­bangkan agar bisa bersaing dengan tenaga pendidik negara lain, khususnya ne­gara Asean.

Mahasiswa MPDE ha­rus mempelajari kurikulum pendidikan di negara Asean, misalnya Thailand, Malay­sia, maupun Laos. Termasuk bisa mengusai bahasa ne­gara-negara Asean.

MEA memberi peluang mobilitas orang antar wila­yah dan negara. Peluang ini, kata Yulhendri, bisa men­jadi lapangan kerja bagi guru dan dosen. Tetapi bisa juga menambah persaingan apabila tidak bisa mening­katkan dan mengem­bang­kankan potensi diri. 

“Kita harus merubah cara berpikir bahwa MEA bukanlah sesuatu yang ha­rus ditakuti tetapi justru menjadi suatu tantangan,” papar Yulhendri, yang ter­ca­tat sebagai Wakil Ke­tua Dewan Koperasi Indo­nesia Wilayah Sumatera Barat.

Mengadapi MEA ini, sambung Yulhendri, kita harus mempunyai akses di negara lain. Punya peru­sahaan, yayasan, institusi pendidikan dan kesehatan di negara Asean.

Kita harus mewarnai negara-negara lain dengan menghasilkan produk-pro­duk yang berkualitas. Bukan sebagai tuan rumah saja menerima kehadiran masyarakat negara lain un­tuk memanfaat peluang usaha dan tenaga kerja di Indoensia.

MPDE UNP yang bera­da di bawah Fakultas Eko­no­mi UNP dibuka sejak tahun 2012, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebu­da­yaan RI Nomor 201//O/20­12 tanggal 5 Juni 2012.

Pada tanggal 19 Juni 2014 sudah terakreditasi dengan peringkat Baik (B). Tercatat saat ini, MPDE UNP sudah menghasilkan lulusan sebanyak 85 orang, dan 159 orang masih aktif melakukan pendidikan. (h/mg-fyt)

 

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]