Penyidik Panggil Kadis PU dan Kabid Kebersihan


Jumat, 01 April 2016 - 16:02:58 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN-Sebelum menetapkan tersangka dalam kasus dugaan penjualan aset Pemko Padang Panjang, penyidik Reserse Kriminal (Reskrim) akan memanggil Kabid Kebersihan, Nurizalman, dan juga Kepala Dinas PU Padang Panjang, Maisul. Pemanggilan ini untuk melanjutkan proses penyidikan kasus dugaan penjualan bak sam­pah millik Pemerintah Kota Pa­dang Panjang, yang masih tercatat dalam aset negara.

Kapolres Padang Panjang, AKBP Heru Yulianto, melalui Kasat Reskrim, Iptu Ismet mengatakan, proses hukum dugaan penjualan aset negara tersebut terus berlanjut. Penyidik Tindak Pidana Ko­rupsi (Tipikor) telah meminta keterangan pada Kabid Aset Pemko Padang Panjang, Henri Fauzan.

“Dia kami panggil, karena kasus ini terkait dengan persoalan aset milik Pemko Padang Panjang. Dalam pemeriksaan, saksi membeberkan kalau bak sampah yang diduga dijual itu milik Pemko Padang Panjang, dan belum dilelang sampai saat ini,” ungkap Kabid Aset Pemko Padang Panjang, Henri Fauzan, yang dituturkan Kasat Reskrim, Iptu Ismet di ruang kerjanya, Kamis (31/3).

 Lanjutnya, pengakuan Kabid Aset itu dihadapan penyidik Tipikor juga terung­kap, kalau bak sampah milik Pemko Padang Panjang itu diserahkan penge­lolaan­nya pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang Panjang. Di Padang Panjang sebutnya lagi, dari tahun 2011 sampai tahun 2016, pemko memiliki 15 unit bak sampah, yang masih diper­gunakan, dan tidak ada satupun yang dilelang atau dijual.

“Kalau bak sampah itu dijual begitu saja, jelas telah melanggar. Kalau ingin dijual, terlebih dahulu harus dilelang sehingga tidak masuk lagi dalam daftar aset milik Pemko Padang Panjang,” sebut Kabid Aset, yang dijelaskan, Ismet.

Lebih lanjut diungkapnya, setelah Kabid kebersihan diperiksa sebagai saksi maka penyidik akan melanjutkan proses kasus pada tingkat selanjutnya, yakni menetapkan tersangka. (h/mg-pis)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]