Nana Zulmaini

Tularkan Virus Membaca


Sabtu, 02 April 2016 - 01:01:46 WIB
Tularkan Virus Membaca

Jika bagi kebanyakan orang, membaca akan membuatnya bosan, lain halnya dengan perempuan kelahiran 18 Mei 1960, Nana Zulmaini SE MPd.

Bagi Kepala Bidang Ke­luarga Sejahtera dan Pem­berdayaan Ke­luar­ga (KSPK) BKKBN Sumbar ini, mem­baca adalah obat mujarab untuk menghilangkan ke­bosanan.

Bagi Nana, meskipun dia sibuk dengan segudang ke­gia­­tan di kantornya, namun ibu dari tiga orang anak ini tidak pernah absen untuk me­luang­kan waktunya untuk mem­baca. Karena dengan mem­baca, menurutnya ia dapat melihat berbagai ma­cam per­kembangan, baik itu di Indo­nesia maupun di luar negeri.

Karena menurutnya, saat ini untuk membaca tidak harus memegang buku atau ke perpustakaan lagi karena sudah banyak media yang dimanfaatkan untuk mem­baca, mulai dari handphone, gadget, televisi, media sosial dan banyak lagi media lainnya yang dapat digunakan untuk sarana membaca.

Pentingnya membaca me­nu­rutnya yakni, untuk mem­buka wawasan baru yang nan­tinya juga akan dapat dija­dikan bahan untuk mela­kukan kegiatn-kegiatan yang ada di kantor.

Selain itu, juga dapat men­ja­di cerminan atau gambaran untuk kehidupan sehari-hari, misalnya dengan mengetahui apa saja hasil riset terbaru yang selama ini masih belum ia ketahui.

“Membaca juga me­nga­jarkan kita untuk sabar, dan belajar bagaimana menulis yang baik. Meskipun nanti tidak akan jadi penulis, namun saya suka dengan apapun pengetahun yang baru ter­masuk juga soal penempatan kata-kata untuk menulis,” ungkapnya, Selasa (29/3).

Selain itu, dengan mem­ba­ca juga dapat meningkatkan daya ingat, dan daya analisis kita untuk mencerna segala informasi yang didapat.

“Juga melatih konsentrasi untuk lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan, atau lebih konsentrasi pada tujuan yang menjadi prioritas,” tambahnya.

Tidak hanya untuk diri­nya, ia juga berusaha menu­larkan virus gemar membaca ini pada anak-anaknya agar memiliki wawasan yang luas dan kemampuan yang lebih untuk pengetahuan umum.

Membaca juga tidak hanya terpaku pada satu atau dua topik saja, namun ia menyukai apapun jenis bacaan dan tidak ada batasan. Karena menu­rutnya, membaca berbagai hal akan memperkaya penge­tahuan di banyak bidang. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]