Balita Ketagihan Junk Food Karena Orangtua


Sabtu, 02 April 2016 - 03:31:57 WIB
Balita Ketagihan Junk Food Karena Orangtua

Ketika anak ketagihan makan makanan cepat saji yang tak bergizi atau sering disebut junkfood sebenarnya tak lepas karena ulah orangtua. Para pakar lewat penelitian langsung menemukan, jika orangtua yang memberikan anaknya makanan junkfood  di usia dini adalah penyebab anak ketagihan makan buruk tersebut dan menderita obesitas dini. 

Professor Pinki Sahota, Head of Nutrition di Leeds Beckett University mela­ku­kan penelitian terhadap diet 1.250 anak usia 12-18 bulan selama dua tahun, yang lahir di Bradford, Inggris.

“Banyak ibu memberikan keripik dan minuman manis di usia anak lima bulan. Fakta­nya, jika anak diberi makan junkfood di usia dini cukup memprihatinkan. Orangtua lah sebenarnya yang mem­bangun kebiasaan makan buruk pada anak,” ungkap Sahota.

Menurut Sahota, orang tua, terutama ibu berusia muda dengan pendidikan ren­dah, memiliki kecen­de­rungan lebih tinggi memberi anak makan-makanan junkfood.

“Kebanyakan dari mereka tak memiliki kemampuan untuk memasak. Orangtua memberi anak junkfood ka­rena mereka sendiri makan itu,” tutur Sahota.

Kebiasaan buruk orangtua tersebut akhirnya membuat anak memiliki masalah obe­sitas di masa mendatang.

Sebab, lebih dari 20 per­sen anak usia masuk sekolah mengalami obesitas.

“Sangat diperlukan edu­kasi. Sekolah, bidan, peme­rintah daerah, dan pekerja kesehatan memiliki peran penting. Namun, mereka se­mua perlu didukung oleh industri makanan. Mereka dapat memformulasikan ula­ng makanan tinggi lemak dan tinggi gula,” jelasnya. (h/kcm)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 13 Februari 2016 - 03:40:14 WIB

    Jika Balita Marah

    Jika Balita Marah Salah satu cara anak usia balita dalam mengekspresikan rasa kesal dan jengkel adalah dengan merajuk serta mengamuk..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]