Binatang Berkeliaran, Warga Minta PSDA Turun


Sabtu, 02 April 2016 - 03:36:41 WIB

BANDAR PETALANGAN, HALUAN—Sedikitnya empat ekor binatang buas jenis beruang ber­keliaran di dalam kebun karet ma­syarakat di Desa Lubuk Terap, Ke­camatan Bandar Petalangan. Kondisi tersebut membuat masyarakat dihan­tui ketakutan ketika beraktivitas menyadap karet.

Ketua BPD Lubuk Terap, Sunar­dinata Dhomput didampingi Ketua Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Pelalawan (HIP­MAWAN) Pekanbaru, Abdul Wadut, Kamis (31/3), mem­benarkan kawanan binatang dilin­dungi itu sejak tiga hari yang lalu terlihat di kebun karet warga.

Ia meminta pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam segera turun ke lokasi sebelum kawanan beruang ini mengganas dan mengganggu masya­rakat yang me­nyadap karet.

“Beruang ini berada di kebun warga, karena di sekitar daerah sini sudah tidak ada lagi hutan, sudah dikelilingi oleh per­kebunan kelapa sawit.

Sementara, warga saban hari beraktivitas memotong karet. Jadi, sebelum beruang mengganas yang berujung  entah di buru atau dibunuh masyarakat, sebaiknya BK­SDA segera turun,” ungkap Dhomput, Kamis (31/3).

Terpisah, BKSDA Pelalawan mela­lui Kobar, saat dikonfirmasi mengaku tengah melaksanakan ujian kom­petensi. Namun, ia akan berkoordinasi dengan BKSDA Rengat untuk segera mengantisipasi hewan buas tersebut.

Lubis, BKSDA Rengat, dikon­firmasi mengaku sudah menerima pengaduan terkait hewan dilindungi tersebut. Ia dan tim segera turun melakukan berbagai upaya agar keber­adaan beruang tidak mengusik kete­nangan masyarakat setempat.

“Kita masih menunggu SPT, sece­patnya kita akan turun ke TKP. Bila tak ada halangan, sore ini (Kamis, red) atau besok (Jumat, red),” pungkasnya. (zol)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]