TNI AL Amankan Pesawat Pengintai Asing di Selat Philip


Sabtu, 02 April 2016 - 03:46:02 WIB

JAKARTA, Haluan — TNI AL berhasil meng­amankan drone milik ne­gara asing di sekitar pera­iran Selat Philip, Ke­pulau­an Riau. Drone buatan Inggris tahun 1983 itu, mu­lanya ditemukan oleh kapal feri MV Pintas 9, Kamis 31 Maret 2016, kemarin.

“Pesawat drone beru­kuran sekira 2,5 meter de­ngan rentang sayap 1,5 meter ditemukan di Selat Philip kemarin,” ujar Kadis­pen Armabar, Letkol (La­ut) Ariris Miftachurrahman saat dikonfirmasi, Jumat (1/4/2016).

Ariris menambahkan, pesawat tersebut dilengkapi dengan antena, kamera, dan baling-baling di bagian buritan dan biasa di­guna­kan untuk sistem latihan perang pertahanan udara. Pesawat berbahan komposit kevlar dan kaca itu juga diperkuat dengan plastik dan memiliki daya jelajah hingga tiga jam.

“Kecepatannya 35-185 KT, kontrolnya pake remote jarak jauh,” imbuhnya.

Dalam operasionalnya, drone tersebut juga dileng­kapi dengan perangkat tam­bahan seperti radar, flare, atau sekam maupun arm target. Meski demikian, Ariris menyebut drone itu juga bisa berfungsi sebagai UAV pengintai dengan ka­mera.

“Menurut beberapa sum­ber, di kawasan Asia Tenggara, peralatan ini hanya dimiliki oleh Malay­sia dan Brunei Darussa­lam,” sambungnya.

Guna penyelidikan le­bih lanjut, rencanaya drone tersebut bakal dibawa ke Jakarta pada sore ini. “Iya, ditempatkan di Dinas Pene­litian dan Pengembangan TNI AL (Dislitbangsal),” tukasnya. (h/oke)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 06:40:20 WIB

    Segera Daftar, Rekrutmen Pramugari TNI AU bagi Lulusan SMA Sudah Dibuka

    Segera Daftar, Rekrutmen Pramugari TNI AU bagi Lulusan SMA Sudah Dibuka HARIANHALUAN.COM - Bagi para lulusan SMA/SLTA/Sederajat yang berniat menjadi seorang pramugari, berikut ini informasi menarik buat kamu..
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 13:29:11 WIB

    Mengintip Besaran Gaji Prajurit TNI, dari Tamtama hingga Jenderal

    Mengintip Besaran Gaji Prajurit TNI, dari Tamtama hingga Jenderal HARIANHALUAN.COM - Menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah idaman bagi banyak pemuda di Indonesia. Seleksi pendaftaran menjadi penjaga kedaulatan negara ini setiap tahunnya selalu ketat karena banyaknya pend.
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 14:09:19 WIB

    Purnawirawan TNI Ramai-ramai 'Serbu' Presiden, Apa Persoalannya?

    Purnawirawan TNI Ramai-ramai 'Serbu' Presiden, Apa Persoalannya? HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 14 purnawirawan TNI menemui Presiden Joko Widodo ( Jokowi) di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/6/2020), untuk menyampaikan pandangan pentingnya pemerintah menjaga persatuan, kesatuan, kedaula.
  • Senin, 15 Juni 2020 - 10:34:35 WIB

    Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Kampar Riau

    Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Kampar Riau HARIANHALUAN.COM - Pesawat tempur milik TNI AU mengalami kecelakaan di Kampar, Riau. Pesawat yang jatuh itu jenis Hawk 200. "Jenis Hawk 200," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Fajar Adriyanto saat dimintai.
  • Sabtu, 13 Juni 2020 - 22:41:41 WIB

    TNI AD akan Kibarkan Bendera Setengah Tiang Selama Sepekan

    TNI AD akan Kibarkan Bendera Setengah Tiang Selama Sepekan HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan, sebagai bentuk penghormatan dan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya mantan Kepala Staf Angkatan Darat (K.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]