Tarif PJP2U Naik

Angkasa Pura II Akan Tingkatkan Fasilitas BIM


Sabtu, 02 April 2016 - 03:52:30 WIB

PADANG PARIAMAN, HA­LUAN — Angkasa Pura II Bandara Internasional Mi­nangkabau (BIM) akan me­ning­katkan fasilitas di bandara kebanggan urang awak terse­but pada tahun ini dan pada tahun-tahun selanjutnya. Kebi­jakan ini terkait naiknya tarif airport tax atau pajak bandara, setelah terbitnya surat Menteri Perhubungan Nomor PR 303/1/15 PHB 2016 per 21 Januari 2016 Tentang Persetujuan tarif pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U).

General Manager (GM) Ang­­­kasa Pura II BIM, Supar­lan me­ngatakan, terkait naik­nya pa­jak bandara atau passe­nger ser­vice charge (PSC) dari se­be­lumnya sebesar Rp30 ribu men­jadi Rp40 ribu untuk do­mes­­tik itu, pihaknya akan me­nin­g­katkan beberapa fa­silitas BIM.

“Untuk tahun ini, kami akan memperbaiki kua­litas toilet agar pe­num­pang lebih nyaman saat me­makai fasilitas bandara. Kon­disi toilet saat ini sempit dan perlu diperbaiki, menjadi lebih lapang, bersih, dan lebih ba­gus,” ujar Suparlan kepada Haluan di Padang Pariaman, Jumat (1/4). Menu­rut GM Angkasa Pura II BIM yang lama, Yayan Hendrayani, toilet di BIM yang berjumlah 36 unit tidak perlu ditambah karena jumlah itu sudah cukup.

Suparlan melanjutkan, pi­hak­nya juga akan menambah kamera pengintai (CCTV) sebanyak 60 unit. Penambahan kamera pengintai untuk me­ning­katkan pengawasan karena jumlah kamera pengintai saat ini belum cukup mengawasi banyaknya orang yang lalu lalang di BIM.

Pada tahun ini juga, lanjut Suparlan, pihaknya akan meng­hubungkan stasiun kereta api dengan terminal BIM, dengan bekerja sama dengan PT KAI. Hal itu untuk memu­dahkan penumpang yang ingin naik kereta api dari BIM.

Kemudian, pada 2018 nan­ti, kata Suparlan, pihaknya akan menyempurnakan bebe­rapa fasilitas agar penumpang lebih nyaman. Salah satu yang akan disempurnakan itu adalah tenant (penyewa) yang akan diatur kembali.  

Terkait kenaikan pajak ban­­dara, Suparlan menje­las­kan, kenaikan pajak bandara tidak sama di setiap bandara. Kenaikan tersebut diperiksa oleh Kementerian Perhu­bu­ngan, YLKI, dan pihak terkait, dan disesuaikan dengan kon­disi dan fasilitas bandara.

Suparlan berharap peng­guna jasa di BIM memahami dan memaklumi kenaikan pa­jak bandara tersebut.

Sekadar informasi, Supar­lan baru menjabat sebagai GM Angkasa Pura II BIM sejak Senin (28/3). Sebelumnya, ia menjabat Manajemen Hubu­ngan Antarlembaga Angkasa Pura pusat, Jakarta. (h/dib)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 April 2020 - 08:02:30 WIB

    Harga Minyak Tergelincir usai Pemangkasan Produksi

    Harga Minyak Tergelincir usai Pemangkasan Produksi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Harga minyak mentah dunia melemah pada perdagangan Senin (6/4) usai menguat pekan lalu. Pelemahan dipicu ketidakpastian pemotongan produksi oleh Arab Saudi dan Rusia..
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 18:16:09 WIB

    Anda Lulusan SMA Sederajat? PT Angkasa Pura Solusi Buka Lowongan Nih...

    Anda Lulusan SMA Sederajat? PT Angkasa Pura Solusi Buka Lowongan Nih... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anak usaha PT Angkasa Pura II, PT Angkasa Pura Solusi melalui program rekrutmennya saat ini membuka lowongan kerja terbaru pada bulan Desember tahun 2019 untuk mencari calon-calon tenaga kerja yang.
  • Sabtu, 25 Mei 2019 - 14:12:08 WIB

    Angkasa Pura I: Extra Flight untuk Mudik Lebaran 2019 Turun Drastis

    Angkasa Pura I: Extra Flight untuk Mudik Lebaran 2019 Turun Drastis JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menyusul mahalnya harga tiket pesawat beberapa waktu terakhir, Direktur Operasional PT Angkasa Pura I (Persero), Wendo Asrul Rose menyebut bahwa terjadi penurunan signifikan terhadap jumlah pener.
  • Kamis, 17 Agustus 2017 - 16:46:42 WIB

    Pererat Silaturahmi, Premier Basko Hotel Kunjungi Angkasa Pura II

    Pererat Silaturahmi, Premier Basko Hotel Kunjungi Angkasa Pura II PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pererat hubungan silaturahmi, tim Premier Basko Hotel berkunjung ke kantor Angkasa Pura II di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Selasa (15/8). Kedatangan tersebut dibarengi dengan diberikann.
  • Jumat, 04 Maret 2016 - 02:40:28 WIB

    GM Angkasa Pura Puji Buana Lestari Hotel

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — General Manager Angkasa Pura II BIM, Yayan Hendrayani memuji keberadaan Buana Lestari Hotel Syariah yang berdiri di jalan menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Menurutnya, keberadaan hot.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]