Disdik Solsel Sediakan 248 Pengawas UN


Sabtu, 02 April 2016 - 04:06:40 WIB

SOLSEL, HALUAN — Kepala Dinas Pendidikan Solok Selatan (Solsel) Fidel Efendi mengatakan jika pengawasan Ujian Nasional (UN) 2016 tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat meng­gunakan sistem silang penuh dan menyedia­kan sebanyak 248 orang pengawas.

“Dengan sistem silang penuh ini tidak ada guru disatu sekolah mengawasi ujian para siswanya sehingga kualitas hasil UN lebih baik serta kejujuran dalam UN lebih terjamin,” kata Fidel, Jumat (1/4).

Sedangkan, untuk tenaga pengawas UN bagi tingkat SMA serta Madrasah Aliyah (MA) yang akan dilaksanakan pada 4-7 April 2016 sudah disediakan sebanyak 178 orang dari berbagai sekolah. Untuk penga­was di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah disediakan pengawas sebanyak 70 orang.

“Kita berharap dengan sistem ini maka kualitas pendidikan di Solsel semakin baik serta kejujuran juga menjadi keharusan bagi siswa serta guru,” katanya. Harapannya, siswa SMA sederajat yang sudah lulus terus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Untuk  siswa yang tidak mampu, tidak usah kuatir sebab banyak beasiswa yang disediakan oleh pemerintah jika ia ber­prestasi. “Saat ini biaya tidak lagi menjadi alasan bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan karena banyak beasiswa yang sudah disediakan pemerintah sehingga mereka hanya perlu belajar sungguh-sungguh dan mendapat prestasi yang ba­gus,” katanya.

Selain itu, di Solsel juga sudah ada Akademi Komunitas tanpa biaya yang bisa dimanfaatkan oleh lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan.  Ia menam­bahkan, pada 2015 Solsel menduduki peringkat tujuh untuk siswa yang melan­jut­kan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Setiap tahun jumlah siswa yang masuk perguruan tinggi mesti bertambah supaya pendidikan generasi penerus tidak hanya terhenti di jenjang SMA,” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Solsel,  Armen Syahjohan mengatakan, jika pemerintah jangan hanya mementingkan berapa banyak siswa yang lulus tetapi juga dengan kualitas pendidikannya.  

“Kita harus terus memotivasi siswa untuk belajar lebih baik lagi serta mereka berkeinginan melanjutkannya kejenjang yang lebih tinggi,” katanya. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]