Jorong Ampar Putih Butuh Gedung Sekolah dan Polindes


Sabtu, 02 April 2016 - 04:11:28 WIB

SUNGAI AUA, HALUAN — Dalam mempermudah pemenuhan hak dasar warga, pemerintah daerah bersama masyarakat Ampar Putih Hutabargot, Nagari Sungai Aua Kecamatan Sungai Aua menggelar musyawarah untuk menentukan lokasi pembangunan lokal jauh SDN 07 Sungai Aua dan Polindes.

Perlunya dibangun lokal jauh SDN 07 Sungai Aua, mengingatk jauhnya akses pendidikan dari kampung Ampar Putih Hutabargot tersebut. Sekolah terdekat yakni SDN 07, tetapi menempuh perja­lanan cukup jauh juga. Disamping itu, keberadaan fasilitas bangunan SDN 07 saat ini sudah mengalami over kapasitas pula.

“Untuk memudahkan anak-anak sekolah Amparputih Huta­bargot mendapatkan hak pen­d­i­dikan­nya yang lebih mudah di akses,” kata Walinagari Sungai Aua, Erwin Lubis didampingi Kepala Jorong Ampar Putih, Ahmad Batubara kepada Haluan kemarin.

Katanya, masyarakat Ampar Putih sudah lama mengidamkan adanya gedung sekolah berdiri di Jorong itu. Sehingga, anak-anak mereka dapat dengan mudah ber­sekolah tanpa harus menempuh jarak yang jauh.

“Untuk itu kita bersama ma­sya­rakat, tokoh menggelar musyawarah penetapan lokasi pembangunan sekolah dan polindes,” ujarnya.

Hal yang sama penting dengan sekolah, kata Walinagari pem­bangunan Polindes dikejorongan tersebut menjadi hal yang tak bisa ditawar lagi. Akses kesehatan terdekat, hanya ke Puskesmas Sungai Aua yang jaraknya lumayan jauh.

“Kalau ada hal emergency akan susah mendapatkan pelayanan kesehatan. Makanya pendirian Polindes di kejorongan ini hal yang tak bisa ditawar,” imbuh Wa­linagari.

Untuk pembangunan Polindes tersebut, sudah dianggarkan da­lam Alokasi Anggaran Nagari (ADN) Nagari Sungai Aua Rp 150 juta. “Harapan kita, dana ini nanti akan bertambah dari swadaya masyarakat, sehingga Polindes yang diharapkan warga terwujud,” pungkas Erwin.

Untuk itu pembangunan dua gedung harapan warga tersebut Erwin berharap dapat berjalan dengan lancar dan segera terwujud. Sehingga, pembangunan yang ber­keadilan dan merata kian terwujud di Pasaman Barat dibawah Ke­pemimpinan Bupati Syahiran dan Wakil Bupati Yulianto.

Hadir juga dalam acara tersebut sejumlah tokoh masyarakat Sungai Aua, Muspika Kecamatan Sungai Aua, Kepala Sekolah SDN 07, Riflil, TPTPD, Fahmi, hadir juga panghulu adat,

Abdullah Ralo Sati, tokoh ma­syarakat Yasmarwin Batu Bara yang juga mantan anggota DPRD Pasaman Barat dan lebih dari seratusan masyarakat setempat. (h/dka)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]