Irigasi Nagari Jambah Mendesak Diperbaiki


Sabtu, 02 April 2016 - 04:11:47 WIB

Pasaman,Haluan — DPRD Kabupaten Pa­sa­man, mendesak pemerintah setempat segera melakukan perbaikan saluran irigasi Bandar Gadang, Nagari Jambak, Kecamatan Lubuk Sikaping.

Saluran irigasi di ka­na­garian itu rusak akibat di­hantam banjir, beberapa waktu lalu. Selain itu, para legislator di DPRD ini juga me­minta perbaikan se­jum­lah infrastruktur, normalisasi sejumlah sungai besar di daerah itu.

“Irigasi Bandar Gadang me­ngalami rusak berat, bu­tuh penanganan secepatnya agar sumber air bagi sawah warga tidak terkendala,” kata Ketua DPRD Pasaman, Yasri.

Pihaknya, kata dia, juga mendesak pemerintah se­tempat segera melakukan pengerukan sungai besar di dae­rah Langung, Ke­ca­ma­tan Rao Utara. Sebab, banjir kerap melanda ka­wasan itu akibat sungai sudah dang­kal.

 “Anak air Pandak dan Batang Asik, Nagari La­nguang, Rao Utara, sudah dangkal dan tidak mampu menampung intensitas air hujan. Kondisi itu me­ngan­cam perumahan penduduk dan areal persawahan war­ga,” katanya.

Pemerintah, kata dia, ju­ga diminta segera mem­bangun kembali jembatan Kalimanang, Jorong Bukit Malintang, Nagari Ma­lam­pah, Tigonagari yang pu­tus akibat dihantam banjir ban­dang pada tahun 2013 lalu.

“Kita meminta pem­ba­ngunan jembatan kali­ma­nang yang menghubungkan jalan menuju SD negeri 20 Bukit Lintang, segera di­bangun dan pemerintah se­gera menganggarkan pem­ba­ngunannya pada tahun ang­garan 2017 nanti,” katanya.

 Pihaknya, kata dia, juga merekomendasikan pe­ning­katan anggaran untuk pem­bangunan jalan usaha tani dan jalan produksi per­ta­nian, sehingga ekonomi di sek­tor pertanian  tidak terpuruk.

“Dalam rangka upaya peningkatan ekonomi ma­syarakat, kita minta pemda meningkatkan anggaran un­tuk memenuhi kegiatan ini,” katanya.

Genjot pendapatan asli daerah (PAD), DPRD juga meminta pemkab setempat m­emaksimalkan pe­mu­ngu­tan retribusi bahan galian C yang ada diseluruh wilayah itu.

“Kita ingin sektor ga­lian C yang ada di Tigonagari, Lubuksikaping dan ke­ca­matan lainnya pemungutan retri­businya lebih dimak­simalkan untuk pening­ka­tan PAD Pasaman,” katanya.

Selanjutnya, DPRD ju­ga meminta peningkatan ang­garan untuk pem­ba­ngu­nan sarana, prasarana per­tanian di daerah itu.

Sebab, kata dia, sektor pertanian merupakan prio­ritas pembangunan diera pemerintahan Yusuf Lubis-Atos Pratama.

“Kita ingin sektor per­tanian, baik sawah, kebun, perikanan dan peternakan ditingkatkan. Pengadaan pupuk dan obat-obatan, bibit unggul serta alat-alat pertanian yang dibutuhkan masyarakat ditingkatkan. Bila perlu, proporsi ang­garan pertanian setara de­ngan pendidikan dan kese­hatan,” ujarnya.

 Seluruh usulan tersebut, kata Yasri, merupakan ba­gian dari rekomendasi DPRD se­tempat atas lapo­ran ke­te­rangan per­tangg­un­ja­wa­ban bupati Pasaman tahun ang­garan 2015.  “Itu rekomendasi kita un­tuk bidang ekonomi dan pembangunan. Semoga di­tindaklanjuti dengan segera oleh pemerintah untuk ke­baikan masyarakat,” kata Yasri mengakhiri. (h/tos)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 19:06:36 WIB

    Miliki Irigasi Pertanian, Petani Sumbar: Terima Kasih Pak Mulyadi

    Miliki Irigasi Pertanian, Petani Sumbar: Terima Kasih Pak Mulyadi PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Mulyadi menjadi figur yang tidak terlupakan bagi para petani di Sumatra Barat (Sumbar). Pasalnya, selama 10 tahun Mulyadi menjadi wakil rakyat, ia berhasil mendorong pemerintah pusat .
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 16:22:11 WIB

    45 Persen Irigasi di Padang Pariaman Sudah Permanen

    45 Persen Irigasi di Padang Pariaman Sudah Permanen PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sektor pertanian dan perikanan masih menjadi andalan di Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman..
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 16:00:54 WIB

    Nagari Campago Kampung Dalam Kota Pariaman Butuh Irigasi

    Nagari Campago Kampung Dalam Kota Pariaman Butuh Irigasi PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan irigasi, masih menjadi topik utama program kerja fisik Pemerintahan Nagari Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman tahun 2020..
  • Ahad, 15 Desember 2019 - 21:33:16 WIB

    Rusak Sejak 2015, Masyarakat Minta Perbaikan Irigasi Batang Bawan

    Rusak Sejak 2015, Masyarakat Minta Perbaikan  Irigasi Batang Bawan AGAM,HARIANHALUAN.COM- Masyarakat Nagari  Bawan mengeluhkan, belum diperbaikinya irigasi Batang Bawan sejak tahun 2015. Selain itu tidak sedikit anak nagari yang tidak bekerja, sementara di wilayah itu ada perusahaan..
  • Ahad, 22 September 2019 - 16:39:59 WIB

    Bendungan Irigasi Jalamu Segera Diperbaiki

    Bendungan Irigasi Jalamu Segera Diperbaiki PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengintruksikan Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, agar segera memperbaiki bendungan iri.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]