Temui Bupati dan Wabup Tanah Datar

75 Walinagari Siap Perangi Narkoba


Sabtu, 02 April 2016 - 04:12:56 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Sebanyak 75 Walinagari se Kabupaten Tanah Datar bertekad memberantas peredaran Narkoba dan segala bentuk perilaku yang merusak generasi muda.

Hal itu dicapai dalam pertemuan khusus dengan bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wabup Zuldafri Darma, serta jajarannya di Indo Jolito, Jumat (1/4).

Terkait dengan permasalahan narkoba dan pekat ini Pemda bertekad untuk memerangi dan memberantas secara tuntas peredarannya. “Ini akan kita mulai sabtu Besok (hari ini red), kita akan melakukan deklarasi anti narkoba dan pekat, ini tidak hanya pernyataan saja namun akan kita iringi dengan pembinaan-pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Irdinansya juga meminta melalui Walinagari untuk mengaktifkan kembali siskamling ditiap-tiap jorong, agar masyarakat merasa lebih terlindungi lagi, selain itu siskamling juga akan berfungsi menghambat proses peredaran narkoba dan terjadinya pekat ditengah-tengah masyarakat.

Pertemuan tersebut menurut bupati merupakan salah satu ajang dalam rangka menyatukan visi-misi serta dalam rangka harmonisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Tanah Datar kedepan, karena camat dan walinagari merupakan pemerintahan yang berada di garis terdepan dalam pelayanan masyarakat.

Terkait besarnya anggaran belanja masing-masing nagari, Irdinansyah meminta seluruh walinagari agar berhati-hati dalam mengelola dan menggunakannya. “Anggaran yang cukup besar ini patut kita syukuri, namun jika ada walinagari yang kurang mengerti penggunaannya, agar berkonsultasi dengan DPPKA dan Inspektorat, ini harus kita lalukan agar tidak terjadi kesa­lahan-kesalahan dalam penggunaan anggaran yang dapat menyeret kita ke ranah hukum,” sebut bupati Irdinansyah Tarmizi.

Dikatakan, dalam pengelolaan anggaran mesti melakukan penatausahaan, administrasi dan perencanaan yang matang agar tidak terjadi kesalahan, dibidang informasi saat ini nagari sudah harus memiliki website yang berguna untuk mempromosikan seluruh potensi nagari kepada masyarakat luas, selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk membangun komunikasi yang baik dengan seluruh jajaran pemerintahan yang ada di Tanah Datar.

Kepada camat, bupati juga meminta agar selalu bersama-sama dengan walinagari dan dengan Pemda serta instansi vertikal untuk ikut melakukan pemberantasan narkoba dan pe­nyakit masyarakat. (h/fma)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]