Agam Serahkan LKPD 2015


Sabtu, 02 April 2016 - 04:15:44 WIB

Agam, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2015 kepada BPK RI Perwakilan Sumatera Barat, Penyerahan langsung dilakukan oleh Bupati Agam, Indra Catri, Kamis (31/3).

Laporan tersebut dite­rima langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Eldy Mustafa. Penyerahan Laporan Keuangan Pe­me­rintah Daerah (LKPD) me­rupakan wujud akuntabilitas dan implementasi per­tang­gungjawaban penye­leng­garaan keuangan peme­rintah daerah sesuai Un­dang-undang.

Laporan tersebut terdiri dari beberapa komponen diantaranya, laporan arus kas, neraca, laporan realisasi anggaran, laporan ope­rasi­onal, dan catatan atas lapo­ran keuangan. Turut hadir dalam kesempatan itu Ka.­Inspek­torat (Ins­pektur) Ka­bupaten Agam Junaidi.

Indra Catri mengatakan, dalam melakukan penyu­sunan laporan Pemkab Agam sangat serius. Secara teknis juga dilakukan sesuai standar.

Dalam hal ini turut dijelaskan ko­mitmen, regulasi dan kebijakan, sumber daya manusia, dan penyediaan teknologi informasi.

“Perwakilan BPK RI Sumbar  sudah me­nerima LKPD Pemkab Agam. Kita juga me­ng­ucapkan terima kasih kepada Kepala beserta tim yang melakukan pemeriksanaan pendahuluan. Semoga apa nantinya pekerjaan bisa dilak­sanakan dengan baik,” katanya.

Selain itu Bupati juga mengapresiasi DP­PKA, Ins­pektorat dan seluruh SKPD di ling­kungan Pemkab Agam. “Tim yang menu­yusan LKPD yang telah bekerja dengan sangat op­timal sehingga laporan ter­sebut bisa diselesaikan de­ngan baik. 

Kita semua tentu menginginkan Agam kem­bali medapatkan predikat laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) seperti tahun kemarin,” jelasnya.

Ia juga meminta agar seluruh pimpinan SKPD bisa memberikan data yang diperlukan dalam peme­riksaan reguler. Berikan semua yang dibutuhkan, jangan ada yang ditutup tutupi, lakukan dengan trans­paran. Dengan data yang lengkap tentunya pemeriksaan bisa berjalan dengan lancar.

“Setiap SKPD harus memfasilitasi data yang dibutuhkan BPK saat pemeriksaan. Pemeriksaan oleh Tim BPK RI Perwakilan Sumbar yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat di Kabupaten Agam,” tegasnya.

Kabupaten Agam berada di urutan ke empat, setelah pemerintah Provinsi Sumbar, Tanah Datar dan Kota Padang, yang sebelumnya sudah menyerahkan LKPD tersebut, kepada BPK RI Perwakilan Sumbar. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]