Tak Sebanding Jumlah Penduduk

Pessel Kekurangan Tenaga Kesehatan


Sabtu, 02 April 2016 - 04:22:13 WIB

PAINAN, HALUAN — Jum­lah tenaga kesehatan di Kabu­paten Pesisir Selatan belum sebanding dengan jumlah pe­n­duduk. Jumlah tenaga medis untuk masing masing bidang masih sangat terbatas, se­hing­ga pelayanan bagi masyarakat belum optimal.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan Syahrizal Antoni. jumlah Dokter Umum di Pesisir Selatan hanya 20-an orang, itu sudah tergabung antara dokter yang ada di Puskesmas dengan RSUD M. Zein Painan. Padahal melihat jumlah penduduk saat ini, idealnya tenaga dokter umum harus mencapai 56 orang, itu diluar tenaga dokter RSUD. “Perbandingan ideal antara masyarakat dengan dokter umum adalah 1 banding 10 ribu orang. Artinya jika pen­duduk Pesisir Selatan 560.000 jiwa orang jumlah dokter umum 56 orang,” ujarnya.

Sementara kebutuhan te­naga spesialis juga belum ter­penuhi bahkan sangat mi­nim sekali, total tenaga spe­siali di Pessel adalah 7 orang dari berbagai bidang. Padahal meli­hat jumlah penduduk Pesisir Selatan, setiap jenis spesialisasi atau bidang, dok­ter minimal ada sembilan orang atau mini­mal delapan orang.

“Misalnya ahli kebidanan harus sembilan orang atau delapan orang di Pesisir Sela­tan, jumlah spesialis THT, Spasialis Mata, Spesialis Pen­yakit Dalam  dan lain lain juga harus sebanyak itu, karena idealnya perbandingan satu tenaga spesialis melayani 50 ribu orang” ujarnya men­jelas­kan perihal kebutuhan tenaga spesialis.

Selanjutnya tenaga bidan. Saat ini terdapat 165 orang bidan di Pesisir Selatan. Jum­lah ini sudah gabungan dari seluruh bidan, mulai dari bidan desa, Puskesmas dan RSUD. Jumlah ini belum mencukupi separoh dari ke­bu­tuhan tenaga bidan di Pesisir Selatan. Khusus untuk bidan desa, masih banyak desa atau kampung terisolir yang belum terlayani oleh bidan desa.

“Sementara hal yang sama juga terjadi pada juru rawat. Juru rawat di Pesisir Selatan sekitar 200 orang saja, padahal melihat jumlah penduduk setidaknya jumlah perawat mencapai angka seribu orang. Sementara jatah Pesisir Selatan untuk mengangkat tenaga medis tersebut sangat sedikit setiap tahun,” ujarnya lagi menjelaskan. (h/har)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]