Januari-Maret 2016

Jumlah Pemohon Paspor 7.304 Orang


Sabtu, 02 April 2016 - 04:25:41 WIB

PADANG, HALUAN — Budaya masyarakat Indonesia yang suka bepergian ke luar negeri ternyata berdampak juga terhadap pengurusan paspor. Terbukti, baru tiga bulan di tahun 2016 ini (Januari-Maret), jumlah pemohon paspor di wilayah Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang sendiri sudah mencapai 7.3­04 orang.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas 1 Padang, Esti Winahyu Nur­handayani, kepada Haluan mengatakan bahwa jumlah pemohon paspor yang me­ningkat terjadi pada bulan Februari dengan jumlah pe­mo­hon mencapai 2.601 orang.

“Pada bulan tersebut, jumlah pemohon paspor cukup meningkat, salah satu faktornya adalah pelak­sanaan ibadah haji,” kata Esti.

Lebih lanjut Esti me­nam­bahkan bahwa biasanya warga Sumatera Barat yang berada di wilayah kerja Imig­rasi Kelas 1 Padang yang mengurus paspor, khu­susnya di Kota Padang pa­ling banyak menjadikan Malaysia dan Singapura sebagai destinasi tujuan utama wisata.

“Bukan hanya semata ingin merantau, karena ke­ba­nyakan orang Sumatera Barat ini menetap di dua Negara (Malaysia dan Si­nga­pura, red) tersebut dan keluarganya yang tinggal di Sumatera Barat ber­bon­dong-bondong untuk pergi kesana. Apalagi sekarang biaya tiket perjalanan dari Padang ke Malaysia itu sen­diri sangatlah murah diban­dingkan jika ke Jakarta,” ungkapnya.

Terkait jumlah pemohon paspor pada bulan April ini, Esti memprediksi jumlah pemohon paspor akan cen­derung stabil di angka 2.500 pemohon. “Kita bisa lihat, di bulan April tahun ini tidak ada tanggal merah selain hari Minggu, saya rasa cen­derung stabil seperti bulan Januari pada angka 2.295 pemohon dan 2.408 pemo­hon pada bulan Maret, mes­kipun ada kemungkinan jumlah pemo­hon paspor menurun,” tu­tupnya. (h/mg-adl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]