Kesadaran Konsumen Rendah

Laporan ke YLKI Bisa Dihitung Jari


Sabtu, 02 April 2016 - 04:26:18 WIB

PADANG, HALUAN—Kesadaran masyarakat untuk bisa mendapatkan hak mereka sebagai konsumen tergolong masih  rendah. Meskipun di tengah ma­­syarakat kerap di dengar keluhan tentang persoalan produk dan la­yanan yang belum mak­simal, namun dalam seta­hun laporan yang diterima YLKI tentang seng­keta konsumen bisa dihitung dengan jari.

Ketua YLKI Sumbar, Dahnil Aswad Pada Haluan, Jumat (1/4) menyebut, seti­ap tahun jumlah laporan berkaitan dengan penga­duan atas ketidakpuasan masyarakat dengan suatu produk yang masuk ke YL­KI tak sampai sepuluh ka­sus.

“Untuk keluhan melalui sms terbilang banyak, na­mun karena mereka yang mengadu lewat sms ini tidak datang langsung ke YLKI, kami cukup sulit untuk menindaklanjuti.

Semen­tara bagi yang melapor lang­sung, setiap tahun itu ang­kanya tak sampai 10 kasus,” papar Dahnil.

Jika minimnya laporan dikarenakan masyarakat telah memiliki kesadaran sendiri untuk mendapatkan layanan dan produk yang sesuai standar, ia  tidaklah mempermasalahkan.

Namun jika  hal tadi terjadi karena masyarakat malas untuk melapor, ia menyayangkan hal tersebut. Harapan YLKI, kata dia, masyarakat sadar dengan hak-hak mereka sebagai konsumen.

Jika menemukan perso­alan pada produk yang dipa­kai, ketidaklayakan pangan atau layanan yang tak sesuai standar ia  meminta untuk segera melaporkan.

“Laporan bisa disam­paikan langsung ke YLKI, bisa juga ke instansi terkait di pemerintahan yang ber­we­nang menangani keluhan yang ingin disampaikan,” jelas dia.

Lebih lanjut, sebut dia, dari YLKI sendiri jika ada pengaduan yang masuk me­re­ka akan menindaklanjuti pada produsen yang dike­luhkan.

Tindaklanjut persoalan bisa dalam bentuk YLKI mengingatkan produsen agar memperbaiki hal-hal yang menjadi keluhan oleh konsumen.

“Sementara untuk me­ningkatkan kesadaran kon­sumen agar bisa menda­patkan apa yang jadi hak mereka kami juga turun untuk melakukan sosiali­sasi,” pungkasnya. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 13:47:51 WIB

    Baru Datang dari Luar Negeri? Takut Kena Corona? Begini Alur Pelaporannya di Kota Padang

    Baru Datang dari Luar Negeri? Takut Kena Corona? Begini Alur Pelaporannya di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemko Padang teru berupaya meningkatkan kesipasiagaan dan penanganan dan pencegahan virus Corona atau Covid-19. Salah satunya membuat alur pelaporan mandiri. Hal ini berguna untuk pelaporan bagi or.
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 00:52:12 WIB
    SOAL PENYALAHGUNAAN NARKOBA

    BNNP Sumbar Terima 138 Laporan

    PADANG, HALUAN — Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat menyatakan sejak Januari hingga November 2016 sudah ada 138 orang yang melapor kepada pihaknya karena melakukan penyalahgunaan narkoba..
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 16:14:17 WIB

    Pejabat Eselon II dan III Pemko Padang, Ikuti Bimtek Pengisian Formulir Laporan Harta Kekayaan

    Pejabat Eselon II dan III  Pemko Padang, Ikuti Bimtek Pengisian Formulir Laporan Harta Kekayaan PADANG, HALUAN – Dalam mewujudkan aparatur pemerintahan yang bersih dari tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), penyelenggara negara dan pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemko Padang diwajibkan memberikan lapo.
  • Sabtu, 23 Juli 2016 - 01:44:06 WIB

    Duta Akrual Penentu Laporan Keuangan

    Duta Akrual Penentu Laporan Keuangan PADANG, HALUAN — Laporan keuangan suatu instansi pemerintah selalu menarik untuk dibahas. Sebab baik buruknya kinerja sebuah instansi dapat dilihat dari hasil laporan keuangan itu. Hal ini juga menunjukkan, bahwa kerja seor.
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 07:09:42 WIB

    12 Ruas Jalan Diusulkan Reydonnyzar Moenek, DPRD Sumbar Tak Terima Laporan

    12 Ruas Jalan Diusulkan Reydonnyzar Moenek, DPRD Sumbar Tak Terima Laporan PADANG, HALUAN — De­wan Perwakilan Rakyat Dae­rah (DPRD) Sumbar menilai tidak pernah menerima lapo­ran terkait pembangunan 12 ruas jalan yang saat ini men­jadi titik tumpu penyidikan di KPK terhadap sejumlah pihak, term.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]