Peradi Minta DPRD Evaluasi Satpol PP


Sabtu, 02 April 2016 - 04:29:48 WIB

PADANG, HALUAN — De­wan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advo­kat Indonesia (Peradi) Ko­ta Padang, dan sejumlah maha­siswa mendatangi DP­­­RD Kota Padang, ter­kait tin­dak kekerasan oleh Sat­pol PP saat razia be­berapa wak­tu lalu. 

Anggota DPC Peradi Padang, Adek saat perte­muan dengan pimpinan ser­ta Komisi I DPRD Kota Padang Jumat (1/4) menga­takan, pemukulan yang di­alami advokat dan maha­siswa saat razia di kawasan Tugu Gempa itu sudah ke­ter­­laluan sehingga diha­rapkan lembaga itu me­ngevaluasi Satpol PP setem­pat. ”Kami harap DPRD me­nge­valuasi. Kalau per­lu, beri Satpol PP pema­ha­man hukum terkait pene­gakan perda,” ujarnya.

Ia mengatakan pihak­nya, baik itu dari Peradi yang memperjuangkan advo­kat serta mahasiswa yang menjadi korban tidak ingin diperdamaikan karena ingin memberi efek jera pada instansi itu.   

Menurutnya, tindakan Satpol PP sudah me­lewati ba­tas karena tidak hanya me­la­kukan tindak keke­ra­san, bahkan menyita kartu advokat yang dipukul itu. “Tidak ada, pihak mana­pun yang berhak menga­-nia­­ya seperti itu. Ini kan aneh dan tidak etis,” tegas­nya.

Seorang Mahasiswa Hu­kum Universitas An­dalas, Farhan mengatakan dirinya dan teman-temannya me­mang berdagang di kawasan Tugu Gempa yang meru­pakan lokasi Satpol PP me­la­kukan razia serta mela­kukan tindak kekerasan beberapa waktu lalu itu.   

“Kami, memang ber­dagang di sana hingga larut. Namun kondisi di sana ra­mai, bahkan ada 22 gerobak dagangan dan bukan lokasi maksiat,” katanya.

Ia juga menyampaikan,  kegiatan berdagang itu ialah salah satu tugas yang diberi perbantuan kampus. “Bah­kan Wali Kota Padang,  sempat berkunjung. Seti­daknya,  kami juga belajar dan setelah tamat bisa ber­pikir menciptakan lapangan kerja sendiri,” jelasnya. (h/ade)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:30:25 WIB
    DIGUGAT TERSANGKA SENDIRI

    Polsek Padang Timur Menang Praperadilan

    PADANG, HALUAN — Pe­laku jambret, Agges Winda Jordan (18) warga Jalan Peru­mahan Perumdam Nomor 5/A Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Ta­ngah kalah dalam si­dang prape­radilan yang dilayangkannya kepada Pol.
  • Senin, 19 September 2016 - 03:54:56 WIB

    Kuasa Hukum Tommy S Bhail: Irman Jajaki Kemungkinan Praperadilankan KPK

    Kuasa Hukum Tommy S Bhail: Irman Jajaki Kemungkinan Praperadilankan KPK PADANG, HALUAN – Penangkapan Ketua DPD RI Irman Gusman oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sabtu (17/9) dinihari lalu, mengagetkan rakyat republik ini, apalagi bagi masyarakat Sumbar. .
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 03:23:04 WIB

    Hakim Menangkan Polisi di Gugatan Praperadilan

    PADANG, HALUAN — Tersangka pen­cabulan terhadap dua orang bocah berinisial I (5,5) dan N (6), R (46) warga Gang Bandes RT 02 RW 04 Kelurahan Rawang Barat, Kecamatan Padang Selatan kalah dalam sidang praperadilan yang dilay.
  • Rabu, 01 Juni 2016 - 04:39:22 WIB
    Penetapan Tersangka Dianggap Tidak Sah

    Kapolsek Lima Kaum Dipraperadilankan

    PADANG, HALUAN — Setelah men­yam­pai­kan kekecawaannya, Kuasa Hukum Yusninar (42), pedagang buah mengajukan praperadilan terjadap Kapolsek Lima Kaum, Tanah Datar Iptu Abdul Kadir, terkait dugaan penipuan dan penggelapan..
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 04:34:34 WIB

    19 Pengacara DPC Peradi Dilantik

    19 Pengacara DPC Peradi Dilantik PADANG, HALUAN — Se­dikitnya 19 pengacara muda dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Padang di bawah kepemimpinan Dewan Pim­pinan Nasional (DPN), Juniver Girsang mengambil sumpah, yang langsung dilantik oleh Ketua Penga.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]m