Ibu Dua Anak Nekad Bakar Diri


Sabtu, 02 April 2016 - 04:33:47 WIB

PADANG, HALUAN – Seorang perempuan paruh baya, Dona Febrianti (45) nekat membakar dirinya hidup-hidup, Jumat(1/4) malam sekitar pukul 20.00 WIB di Jalan Khatib Sulaiman, Padang. Untung ia masih dapat diselamatkan.Hingga berita ini diturunkan, korban masih dalam perawatan di RSUP M Djamil.

Informasi yang dikumpulkan Haluan , sebelum membakar diri, warga Jalan Pasar Raya Siteba Nomor 17 Kelurahan Surau Gadang Kecamatan Nanggalo mengguyur bensin ke seluruh tubuhnya. Setelah itulah, ia menyulut dengan api di sebuah pangkas rambut pria El Jabar yang berada di Jalan Khatib Sulaiman Nomor 34 Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara.

Akibatnya korban menga­lami luka bakar di bagian wajah, tangan kiri sebelah kanan dan paha bagian kiri dan kanannya. Korban langsung dilarikan ke ruang Surgikal Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Dr. M. Djamil Padang oleh beberapa warga dan karyawan pangkas rambut tersebut.

Salah seorang saksi mata Dewi (35) kepada Ha­luan me­ngatakan, awalnya ia melihat seorang wanita dan pria masuk ke tempat pangkas rambut ter­sebut. Namun tidak lama, ia mendengar teriakan dari wanita tersebut.

“Awalnya saya melihat pe­rem­puan tersebut biasa-biasa saja masuk ke pangkas rambut ter­sebut. Namun tak berapa lama, saya mendengar pekikan yang amat keras disertai dengan bau bensin yang menyengat. Seketika saya dan beberapa warga yang lain langsung berupaya menye­lamat­kan wanita tersebut dengan me­nyiramkan air ke sekujur tu­buhnya,” ungkap saksi tersebut.

Dari pantauan Haluan di lokasi kejadian, akibat kejadian tersebut ruas jalan di Jalan Kha­tib Sulaiman sempat macet total karena penasaran dengan keja­dian tersebut, hingga sempat terjadi insiden tabrakan akibat sebuah motor yang berhenti mendadak. Bau bensin dan bekas rambut pria masih berserakan di tempat tersebut.

Petugas sendiri baru datang ke lokasi tersebut 15 menit usai kejadian dimana korban sendiri sudah dilarikan oleh warga ke rumah sakit. Di RSUP Dr. M. Jamil sendiri, korban langsung masuk ke ruang instalasi bedah atau ruang surgikal dengan sepa­ruh badannya ditutupi dengan kain pelindung dikarenakan kondisi korban yang penuh luka bakar tersebut.

Sementara itu, dua orang putri korban yang bernama Shafa (16) dan Saski (9) yang datang ke RSUP Dr. M. Djamil hanya bisa terlihat pasrah. Sesekali mereka tertegun dan terlihat Saski matanya berkaca-kaca. Menurut keterangan Shafa, ia sendiri baru tinggal di Kota Padang.

“Sebelumnya kami tinggal di Kota Bogor, baru beberapa bulan ini kami pindah ke Padang kare­na mama berjualan beras disini,” tutur remaja perempuan tersebut.

Kepala Unit Reserse Krimi­nal (Kanit Reskrim) Pol­sekta Padang Utara Ipda SH Sitorus kepada sejumlah awak media menyatakan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan iden­tifikasi terhadap kejadian ter­sebut.

“Kita belum tahu pasti apa motif dari Dona membakar diri­nya sendiri dengan bensin, kita masih melakukan penyelidikan terlebih dahulu. Saat ini korban tengah dirawat intensif di RSUP Dr. M. Jamil dengan kondisi luka bakar yang mencapai 80 persen.

Ditambahkan oleh Sitorus, saat pihaknya melakukan iden­tifikasi awal, mereka menemu­kan satu unit tas, satu unit sepatu, dan satu unit baju daster. “Kami menemukan tas, baju, dan sepatu yang mana akan kami amankan sebagai Barang Bukti (BB),” pungkasnya. 

Terpisah, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP Dr. M. Jamil Gustavianof saat dihubungi Ha­luan membenarkan bahwa korban Dona Febrianti dirawat di rumah sakit milik pemerintah tersebut. “Korban saat ini dirawat secara intensif dengan luka bakar hampir di sekujur tubuhnya,” ujar pria yang kerap dipanggil Pak Nof ini. (h/mg-adl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 09:50:32 WIB

    Hari Ini, Harga Emas Antam Tetap Dikisaran Rp 934 Ribu Per Gram

    Hari Ini, Harga Emas Antam Tetap Dikisaran Rp 934 Ribu Per Gram HARIANHALUAN.COM - Harga logam mulia Antam untuk emas dirilis Rp 934.000 per gram pada perdagangan Rabu (8/7) ini. Angka ini tidak mengalami perubahan dibanding harga jual pada Selasa (7/7) kemarin. Namun dibanding Senin (6/7.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 11:13:33 WIB

    Satpol PP Padang Periksa Sejumlah Tempat Hiburan Malam dan Kafe

    Satpol PP Padang Periksa Sejumlah Tempat Hiburan Malam dan Kafe HARIANHALUAN.COM - Jajaran Sat Pol PP Padang memeriksa sejumlah kafe dan tempat hiburan malam, Senin malam hingga Selasa dini hari (23/6/2020). Pemeriksaan itu dilakukan pasca penutupan beberapa bulan belakangan karena pember.
  • Senin, 15 Juni 2020 - 17:19:45 WIB

    Pisang Langka Berbuah Seribu Ditemukan di Padang

    Pisang Langka Berbuah Seribu Ditemukan di Padang HARIANHALUAN.COM - Pisang langka kembali ditemukan di kawasan Surau Balai, Kecamatan, Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat. Pasalnya, batang pisang berukuran pendek itu memiliki buah banyak tidak selayaknya pisang-pisang bias.
  • Senin, 01 Juni 2020 - 15:41:14 WIB

    Ajak Dua Anak Jadi Pengemis, Ibu di Padang Ini Diamankan Satpol PP

    Ajak Dua Anak Jadi Pengemis, Ibu di Padang Ini Diamankan Satpol PP HARIANHALUAN.COM -- Sat Pol PP Padang kembali menertibkan sejumlah orang yang diduga berprofesi sebagai pengemis sedang meminta-minta di sejumlah lokasi di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Penertiban dilaksanakan bertuju.
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 18:08:55 WIB

    Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang Kembali Dibuka untuk Salat Berjamaah

    Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang Kembali Dibuka untuk Salat Berjamaah HARIANHALUAN.COM -- Setelah sekian lama ditutup, Masjid Taqwa Muhammadiyah Pasar Raya Padang kembali melaksanakan salat berjamaah harian dan Jumat. Meski demikian, pengurus dan jamaah masjid wajib menaati protokol kesehatan y.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]