AKP Berry Juana Putra

Pak Haji yang Selalu Mengayomi


Senin, 04 April 2016 - 03:42:04 WIB
Pak Haji yang Selalu Mengayomi

Senjata api merupakan ‘mainan’ sehari-harinya. Bandit atau penjahat, merupakan target yang siap disikatnya. Perwakannya yang kekar, berpadu dengan postur tinggi semampai. Meski tegas dan berkarakter, namun ia adalah sosok yang murah senyum dan selalu tampil bersahaja.

Dialah AKP Berry Juana Putra, yang saat menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Solok Selatan (Solsel). Ia mengemban jabatan sebagai Kasat Reskrim terhitung 1 Januari 2016, sebelumnya ia me­ngemban tugas sebagai Kasat Bim­bingan Masyarakat (Bin­mas) Polres Solsel pada 2015.

AKP Berry mulai bertugas sejak 2010. Hingga 2014 ia meng­ha­bis­kan masa tugasnya di Kota Pa­dang sebelum mutasi ke Solsel. “Terakhir di Polresta Padang, saya mengem­ban tugas sebagai Kepala Unit (Kanit) Tim Anti Bandit (TAB),” terang Perwira lulusan Akpol 2009 itu kepada Haluan, Minggu (3/4).

Sesuai didikan orangtuanya, dalam bertugas maupun keseharian, Berry berkomitmen untuk selalu ber­sikap bijaksana, bekerja dan be­la­jar. “Dari kecil saya sudah di didik bi­jaksana dan terus belajar hal-hal yang baru. Saya tidak pernah ma­in-ma­in dalam melakukan pem­be­ran­tasan tindak kejahatan,” tan­das pria yang punya hobi menembak ini.

Kendati usianya masih terbilang muda, tidak membuat sikapnya ‘lemah’ dalam melakukan pem­binaan dan koordinasi kepada jajaran. “Komandan (AKP Berry) orangnya tegas dan bijaksana dalam memberikan perintah, serta bersifat mengayomi,” tutur seorang anggota di jajarannya.

Kendati terbiasa dengan kehi­dupan bandit, tidak membuat pe­mikiran serta ilmu akademik yang diperolehnya hilang begitu saja. AKP Berry, sering mendapatkan kepercayaan sebagai narasumber diberbagai iven.

“Sebagai pemateri, saya sering juga diminta. Seperti di berbagai universitas materi yang saya berikan masih berkaitan dengan tugas saya,” terang suami Intan Farah Disa itu.

Dalam kehidupan rohani, AKP Berry bisa terbilang religius. Di usia muda ia telah menunaikan rukun islam ke-lima dengan menunaikan ibadah ke tanah suci Mekah. “Iba­dah merupakan bekal kita meng­hadap sang khalik. Ibarat kata, kehidupan dunia untuk akhirat,” tutur Berry yang juga penggemar beladiri karate ini. Dalam waktu dekat, untuk me­ning­­katkan pen­didikan kepolisian, AKP Berry berencana akan mengi­ku­ti pen­didikan di Perguruan Ting­gi Ilmu Kepolisian (PTIK). Sebe­lum itu, ia akan bertugas seba­gai te­naga pen­didik (Gadik) di Sekolah Ke­polisian Negara (SPN) Padang Be­si. “Diper­kirakan akhir 2016 saya akan PTIK. Namun, Gadik dulu di SPN Padang. Mohon doa ya,” tutup­nya. (jefli)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]