Pedagang Tempati Pasar Penampungan


Senin, 04 April 2016 - 03:47:25 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN — Batas waktu yang ditetapkan Pemerintah Kota Padangpanjang terhadap pe­mindahan pedagang ke Kios Penampungan Sementar (KPS) hingga 31 Maret kemarin , ditanggapi pedagang dengan mulai menempati KPS yang telah disediakan.

Dari pantauan Haluan di kawasan pasar setempat, pu­luhan pedagang terlihat sudah mulai membersihkan kios pe­nam­pungan yang akan mereka tempati dan mulai mengo­songkan kios mereka yang lama.

Selain dibantu pihak kelu­arga, pemindahan barang da­gangan juga dibantu belasan personil Satpol PP, Dishub, Brimob dan Koramil 01 Pa­dangpanjang.

“Sesuai batas waktu yang diberikan pemko, kami harus pindah hingga 31 Maret besok. Kami telah mulai mengo­song­kan kios yang lama dan beres-beres ditempat yang baru,” kata Ade, salah seorang pedagang P&D ketika ditemui kemarin.

Selain Ade, puluhan pe­dagang lainnya juga sudah menempati kios penampungan, meskipun dengan lokasi yang sempit dan berdesakan-desa­kan, mereka tetap menggelar dagangannya.

Syailendra, pedagang lain­nya menyebutkan, pihaknya mematuhi keputusan yang dite­t­apkan pemerintah daerah untuk segera menempati kios penampungan.

“Kami setuju dengan taha­pan pembangunan yang dila­kukan, meskipun masih ada pertanyaan dari P5 untuk me­minta kejelasan dari pe­me­rintah terkait surat yang disam­paikan pedagang. Kami hanya meminta kejelasan dimana kami akan ditempatkan setelah pasar dibangun dan berepa sewa yang harus kami bayar setelah menempati bangunan yang baru,” jelasnya.

Syailendra juga mengaku, semua proses yang disam­pai­kan oleh pedagang tidak akan meng­ganggu tahapan pem­bangunan pasar. Apalagi, pem­bangunan pasar yang dilakukan saat ini sesuai dengan aspirasi pedagang yang disampaikan sebelumnya.

“Kami mengakui, semua proses pembangunan memiliki regulasi dan tahapan, tetapi jangan sampai pedagang dikor­bankan, apalagi saat ini pedagang sudah kesulitan un­tuk memenuhi perekonomian mereka, jangan ditambah lagi beban mereka,” pinta Syai­lendra.

Sementara itu, Kabag Hu­mas Setdako Padang Panjang Ampera Salim menyampaikan, sesuai dengan kepetusan ber­sama pedagang harus menem­pati Kios Penampungan Se­men­tara dengan tenggat waktu hingga 31 Maret. Apalagi, mulai 1 April aliran listrik ke kios yang lama akan dimatikan..(h/mg-pis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]