Lembah Kura-kura Dukung Pariwisata Solsel


Senin, 04 April 2016 - 03:52:30 WIB
Lembah Kura-kura Dukung Pariwisata Solsel Kura-kura yang ditemukan saat pendakian Gunung Kerinci melalui Solsel oleh pecinta alam Solsel di ketinggian 2.000 mdpl beberapa waktu lalu.

SOLSEL, HALUAN— Ada yang menarik ketika melakukan pen­dakian Gunung Kerinci melalui Kabupaten Solok Selatan (Solsel). Pada ketinggian 2.000 mdpl pendaki akan disuguhi peman­dangan yang unik, yakni keber­adaan kura-kura berukuran raksasa dengan panjang berkisar satu meter.

“Di ketinggian 2.000 mdpl kami mene­mukan sekitar enam pasang kura-kura berukuran besar tengah berriing-iringan. Kemungkinan, saat itu merupakan musim kawin. Karena banyaknya hewan reptil berbatok itu sehingga kami menamakan kawasan tersebut lembah kura-kura,” dikatakan aktivis Pecinta Alam Sol­sel, Aig Wadenko, kepada Haluan (3/4).

Saat ini, para aktivis pecinta alam yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Pecinta Alam (Sekber PA)tengah menunggu peresmian jalur pendakian melalui daerah itu oleh instansi terkait. “Setelah jalur diresmikan nantinya, kami juga telah siap untuk menyambut para pecinta pendaki gunung yang datang dari berbagai dae­rah,”katanya.

Terkait personil dan sarana penginapan bagi para pendaki katanya, aktivis Sekber PA Solsel siap untuk itu.  Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di kawasan Asia Tenggara yaitu 3.805 mdpl merupakan target dunia dan itu ada di Solsel. Ia mengatakan, sebelumnya para Pecinta Alam Solsel yang tergabung dalam Sekber PA yang melakukan ekspedisi pembukaan jalur baru pendakian gunung kerinci pada Senin,(14/12) lalu, telah berhasil dengan selamat untuk menuntaskan pendakian.

“Alhamdulillah, tim ekspedisi sudah turun dengan sehat, aman dan selamat berkat perjuangan keras telah berhasil membuka jalur baru pendakian gunung Kerinci melewati Solsel,”tambahnya.

Banyak kelebihan pendakian melalui Solsel katanya, jalur yang dilalui dari Solsel menuju TOP Kerinci sangat layak selain ketersediaan sumber air yang melimpah. Tim juga disuguhi panorama alam yang masih ‘perawan’ alias masih asri.”Hutan tersebut masih sangat asri dan belum terjamah manusia,”katanya.

Sementara, Bupati Solsel, Muzni Zaka­ria menyebutkan akan mempersiapkan segala sesuatu terkait peresmian jalur pendakian gunung Kerinci melalui Solsel. “Kita akan melakukan koordinasi dengan para pecinta alam. Apa saja yang dibu­tuhkan kita bantu,”kata bupati Solsel dua periode itu.

Ia melanjutkan, betapa menariknya pada ketinggian 2.000 mdpl ditemukan lembah kura-kura.”Entah bagaimana naik dan turunnya hewan itu. Atau jangan-jangan itu jelmaan kura-kura ninja,”sambil bercanda Muzni menuturkan.

Kemudian ia juga mengharapkan, pihak pengelola perkebunan teh PT. Mitra Kerinci lebih terbuka dalam meningkatkan peran untuk menyokong sektor pariwisata di Solsel. “Kita berharap pihak perusahaan lebih terbuka dalam memberikan izin kepada wisatawan yang melewati kawasan perkebunan,”tutupnya.(h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 27 November 2018 - 11:12:31 WIB

    Kontraktor Kena Denda, Proyek Lembah Harau Molor

    Kontraktor Kena Denda, Proyek Lembah Harau Molor PADANG, HARIANHALUAN.COM – Proyek pengembangan destinasi wisata yang berada di kawasan wisata Lembah Harau diduga tak selesai sesuai perjanjian kontrak pekerjaan. Pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota mengakui kal.
  • Selasa, 27 Desember 2016 - 00:42:05 WIB
    KEGIATAN MOTOR TRABAS

    Wabup dan Senator Nofi Candra Jajal Alam Lembah Gumanti

    Wabup dan Senator Nofi Candra Jajal Alam Lembah Gumanti AROSUKA, HALUAN — Se­kitar seribuan penggiat motor trabas dari beberapa daerah seperti Sumbar, Riau, Jambi, Bengkulu dan Muaro Bungo kembali menjajal terjalnya alam perbukitan di daerah selatan Kabupaten Solok..
  • Kamis, 25 Agustus 2016 - 12:23:42 WIB

    Puting Beliung Rusak 200 Rumah di Lembah Gumanti, Longsor Hambat Bantuan

    Puting Beliung Rusak 200 Rumah di Lembah Gumanti, Longsor Hambat Bantuan LEMBAH GUMANTI, HALUAN--Angin puting beliung merusak sekitar 200 rumah di Kebagarian Air Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Kamis (25/8) pada pukul 09.00 WIB..
  • Senin, 11 Juli 2016 - 08:49:38 WIB

    Hujan Deras, Lembah Anai Longsor dan Terjadi Kemacetan Panjang

    Hujan Deras, Lembah Anai Longsor dan Terjadi Kemacetan Panjang LEMBAH ANAI, HALUAN - Akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Lembah Anai dan Kota Padang Panjang sore hingga malam (10/7) kemarin, mengakibatkan terjadinya longsor di kawasan perbukitan Lembah Anai, Senin (11/7) dini hari..
  • Selasa, 19 Januari 2016 - 03:24:06 WIB

    Siswa MAN Lembah Gumanti Kembangkan Teknik Pertanian

    Arosuka, Haluan — Prog­ram pe­ngembangan mad­rasah sehat dengan me­ngu­sung konsep Adiwiyata, tak serta merta harus diterapkan secara monoton. Konsep ini juga bisa dilakukan dengan melakukan berbagai inovasi yang membe.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]