Lembah Kura-kura Dukung Pariwisata Solsel


Senin, 04 April 2016 - 03:52:30 WIB
Lembah Kura-kura Dukung Pariwisata Solsel Kura-kura yang ditemukan saat pendakian Gunung Kerinci melalui Solsel oleh pecinta alam Solsel di ketinggian 2.000 mdpl beberapa waktu lalu.

SOLSEL, HALUAN— Ada yang menarik ketika melakukan pen­dakian Gunung Kerinci melalui Kabupaten Solok Selatan (Solsel). Pada ketinggian 2.000 mdpl pendaki akan disuguhi peman­dangan yang unik, yakni keber­adaan kura-kura berukuran raksasa dengan panjang berkisar satu meter.

“Di ketinggian 2.000 mdpl kami mene­mukan sekitar enam pasang kura-kura berukuran besar tengah berriing-iringan. Kemungkinan, saat itu merupakan musim kawin. Karena banyaknya hewan reptil berbatok itu sehingga kami menamakan kawasan tersebut lembah kura-kura,” dikatakan aktivis Pecinta Alam Sol­sel, Aig Wadenko, kepada Haluan (3/4).

Baca Juga : Polres Agam Beri Sanksi 8 Orang Karena Langgar Prokes

Saat ini, para aktivis pecinta alam yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Pecinta Alam (Sekber PA)tengah menunggu peresmian jalur pendakian melalui daerah itu oleh instansi terkait. “Setelah jalur diresmikan nantinya, kami juga telah siap untuk menyambut para pecinta pendaki gunung yang datang dari berbagai dae­rah,”katanya.

Terkait personil dan sarana penginapan bagi para pendaki katanya, aktivis Sekber PA Solsel siap untuk itu.  Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di kawasan Asia Tenggara yaitu 3.805 mdpl merupakan target dunia dan itu ada di Solsel. Ia mengatakan, sebelumnya para Pecinta Alam Solsel yang tergabung dalam Sekber PA yang melakukan ekspedisi pembukaan jalur baru pendakian gunung kerinci pada Senin,(14/12) lalu, telah berhasil dengan selamat untuk menuntaskan pendakian.

Baca Juga : Sempat Tertutup Longsor, Ruas Jalan Provinsi di Agam Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

“Alhamdulillah, tim ekspedisi sudah turun dengan sehat, aman dan selamat berkat perjuangan keras telah berhasil membuka jalur baru pendakian gunung Kerinci melewati Solsel,”tambahnya.

Banyak kelebihan pendakian melalui Solsel katanya, jalur yang dilalui dari Solsel menuju TOP Kerinci sangat layak selain ketersediaan sumber air yang melimpah. Tim juga disuguhi panorama alam yang masih ‘perawan’ alias masih asri.”Hutan tersebut masih sangat asri dan belum terjamah manusia,”katanya.

Baca Juga : Bank Nagari Cabang Painan Dorong Percepatan Pembangunan Bidang Pariwisata Melalui Aplikasi E-Retribusi

Sementara, Bupati Solsel, Muzni Zaka­ria menyebutkan akan mempersiapkan segala sesuatu terkait peresmian jalur pendakian gunung Kerinci melalui Solsel. “Kita akan melakukan koordinasi dengan para pecinta alam. Apa saja yang dibu­tuhkan kita bantu,”kata bupati Solsel dua periode itu.

Ia melanjutkan, betapa menariknya pada ketinggian 2.000 mdpl ditemukan lembah kura-kura.”Entah bagaimana naik dan turunnya hewan itu. Atau jangan-jangan itu jelmaan kura-kura ninja,”sambil bercanda Muzni menuturkan.

Baca Juga : Masyarakat Padang Sago Harapkan Perbaikan Kantor Camat Pada Leonardy Harmainy

Kemudian ia juga mengharapkan, pihak pengelola perkebunan teh PT. Mitra Kerinci lebih terbuka dalam meningkatkan peran untuk menyokong sektor pariwisata di Solsel. “Kita berharap pihak perusahaan lebih terbuka dalam memberikan izin kepada wisatawan yang melewati kawasan perkebunan,”tutupnya.(h/jef)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]