Koperbam Berperan Penting di Pelabuhan Teluk Bayur


Senin, 04 April 2016 - 04:01:00 WIB
Koperbam Berperan Penting di Pelabuhan Teluk Bayur Pengurus dan segenap anggota Koperbam Teluk Bayur Padang foto bersama Tim Penilai Koperasi Berprestasi Sumbar di kantornya di Teluk Bayur Padang, beberapa waktu lalu. (RUSDI BAIS)

PADANG, HALUAN — Ko­perasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (Koperbam) Teluk Ba­yur merupakan salah satu lembaga terpenting di Pela­buhan Teluk Bayur Padang. Hal itu karena tugas uta­manya adalah melakukan kegiatan bongkar muat ba­rang dari dermaga ke kapal dan dari kapal ke dermaga.

Seandainya anggota Ko­per­bam yang berjumlah 782 orang, 19 karyawan mela­kukan aksi mogok kerja, ke­giatan Teluk Bayur lumpuh total. Dampaknya adalah gangguan terhadap aktivitas ekonomi Sumbar dan nama baik In­donesia ikut ter­no­dai di mata in­ter­na­­sio­nal, karena Te­luk Ba­yur meru­pakan pela­buhan internasional.

Sebaliknya, kalau anggota Koperbam mampu mem­be­rikan pelayanan ter­baik, akan berdampak pada kelancaran arus barang di pelabuhan, yang secara oto­matis ikut memuluskan ke­giatan eko­nomi Sumbar. Ar­tinya, Ko­perbam telah ikut mem­ba­ngun citra positif Pe­labuhan Teluk Bayur. Jadi, kinerja Koperbam juga sangat me­nentukan citra Pelabuhan Teluk Bayur.

Maka, tidak meng­he­ran­kan, begitu ada riak di tubuh Koperbam, secepat itu pula muncul reaksi dari berbagai kalangan, mulai dari dunia usaha, pemerintah kota Pa­dang dan Pemprov, PT Pe­lindo II Cabang Teluk Bayur sebagai penyedia fasilitas pelabuhan, hingga anggota DPRD. 

“Kami menyadari be­rat­nya beban tugas yang kami pikul. Maka, kami senantiasa berusaha agar anggota tetap kompak dan bekerja sungguh-sungguh dalam upaya mem­berikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa,” tutur Chandra, Ketua Ko­perbam Teluk Bayur kepada Tim Penilai Koperasi Ber­prestasi Sumbar di kantornya, Selasa (29/3).

Tuntutan terhadap ang­gota untuk meningkatkan pro­duktivitasnya, harus di­ba­rengi peningkatan kese­jahteraan atau ke­seim­ba­ngan antara hak dan kewa­jiban. Untuk itu, pengurus terus berusaha me­ning­kat­kan kesejahteraan anggota. Bagi anggota yang tak mam­pu lagi bekerja diberikan uang tali asih Rp8 juta per orang, di samping simpanan dan santunan asuransi.

“Semua anggota kami asu­ransikan, meliputi ja­mi­nan ha­ri tua, kecelakaan kerja, ja­minan kematian dan ja­minan pemeliharaan kese­hatan di BP­JS. Dana premi asuransi un­tuk anggota setiap bu­lan rata-rata Rp160 juta.

Men­jelang Ramadhan, setiap an­g­gota diberikan uang da­ging senilai dua kilo­gram da­ging dan menjelang lebaran, di­­bagikan paket lebaran be­ru­pa sembako,” jelas Chan­dra.

Chandra memaparkan, selain kegiatan bongkar muat, Koperbam  juga menjalankan usaha simpan pinjam. Karena keterbatasan dana, koperasi baru bisa memberikan pinja­man maksimal Rp1 juta de­ngan bunga 18 persen per tahun.

Sementara usaha utama, realisasi kegiatan bongkat muat selama 2015 berjumlah 920 kegiatan, meningkat dari tahun 2014 hanya 814 kegia­tan. Pendapatan kotor dari kegiatan itu selama 2015 mencapai Rp41,9 miliar le­bih. Sementara biaya ope­rasional dan lainnya sebesar Rp40 miliar lebih, dan dana perumahan sebesar Rp170 juta. Pada 2015 Koperbam membukukan SHU sebesar Rp955 juta lebih, meningkat dibandingkan 2014 sebesar Rp193,8 juta.

Selain memiliki kantor sendiri, Koperbam juga me­miliki 2,2 hektare tanah terletak di Limau Manih Pa­dang. Di atas tanah tersebut akan dibangun perumahan anggota Koperbam. “Rencana itu belum terlaksana karena berbelitnya birokrasi dan besarnya biaya balik nama,” imbuh Chandra. (h/rb)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]