Hari Ini

3.533 Siswa Payakumbuh Ikuti UN


Senin, 04 April 2016 - 04:17:55 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) serentak di Payakumbuh yang dimulai tanggal 4-7 April 2016 diikuti oleh 3.533 siswa SMA/MA/SMK dengan melibatkan 414 guru pengawas dan membutuhkan 154 ruang kelas.

Kepala Dinas Pendi­di­kan Payakumbuh, H. Hasan Basri, dalam keterangannya Minggu (3/4), mengatakan, seluruh naskah ujian sudah diterima tiga hari sebe­lumnya, dalam jum­lah sudah cukup dan utuh. Pendis­tribusiannya ke sekolah diawasi pihak kepolisian, sebelum ujian dimulai.

Seluruh guru pengawas yang bertugas, dikatakan Hasan, sudah diberi pem­bekalan. Semua guru punya komitmen  untuk menjalani tugas dengan baik dan ber­tin­dak jujur. Dia optimis, pelaksanaan UN di Kota Payakumbuh berjalan lebih baik dengan harapan pe­ningkatan mutu dan kelu­lusan100%.

Menurut Hasan Basri, pihaknya sudah membentuk tim pemantau pelaksanaan UN, yang melibatkan Wa­likota Payakunbuh, H. Riza Falepi, Wawako H. Suwan­del Muchtar, Sekdako H. Benni Warlis, seluruh asis­ten setdako dan pejabat terkait lainnya.

“Walikota Payakumbuh, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kantor Kemenag, masuk dalam Tim 1, dengan tujuan pemantauan ke SM­AN 1, SMAN 3, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, dan MAN 2. Pemantauan UN dapat dilakukan dari ruang kepsek melalui TV monitor CCTV,” katanya.

Kadisdik Hasan Basri dan Kankemenag Asra Fa­ber, lebih jauh menye­but­kan, pelaksanaan UN 2016, pihaknya punya mot­to ”Pres­tasi Penting, Jujur Harus”. Untuk itu, bagi guru pengawa, diharapkan men­jalankan tugas dengan baik, agar tak ada celah bagi siswa yang berbuat curang.

Siswa yang terlibat UN, menurut Hasan dan Asra Faber, juga sudah dimo­tivasi, agar berusaha menda­patkan nilai terbaik dengan cara jujur tidak dengan cu­rang. “Sukses prestasi ber­bau kecurangan, tidak men­cerminkan siswa yang ber­karakter dan beraklak mu­lia,” tegas keduanya. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]