Tekan Angka Lakalantas

Polres Bukittinggi Gelar Pawai Kendaraan Ringsek


Senin, 04 April 2016 - 04:20:25 WIB
Polres Bukittinggi Gelar Pawai Kendaraan Ringsek Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bukittinggi menggelar pawai kendaraan ringsek di Bukittinggi, Sabtu (2/4). (YURSIL)

BUKITTINGGI, HALUAN — Untuk menekan angka kece­lakaan lalu lintas (lakalantas), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bukittinggi menggelar pawai kendaraan ringsek, Sabtu (2/4). Kendaraan itu diangkut dan diderek meng­gunakan truk terbuka.

Pawai itu sendiri, dilaku­kan semenjak pagi hingga menjelang malam, dengan mengitari berbagai rute di kawasan hukum Polres Bu­kittinggi. Tak hanya mengitari kawasan pusat kota, tapi pa­wai ini juga melintasi sebagian besar kawasan rawan lakalan­tas, seperti di kawasan Palu­puah, Batagak hingga kawa­san Baso Kabupaten Agam.

Ada dua mobil ringsek dan empat sepeda motor ringsek yang tergolong rusak parah yang digotong dalam pawai tersebut. Beberapa pesan tertulis juga dipajang di se­kitar kendaraan ringsek. Se­lama dalam perjalanan, rom­bongan pawai sengaja ber­henti di beberapa titik kera­maian, agar masyarakat bisa melihat dan mencerna kan­dungan pesan-pesan yang dipajang.

Kasat Lantas Polres Bukit­ting­gi, AKP Rio Sigal Hasi­buan mengutarakan, pawai ini merupakan terobosan baru Polres Bukittinggi dalam me­ng­upayakan masyarakat sadar berlalu lintas, sehingga nan­tinya mampu menekan angka lakalantas.

“Kami akan terus mela­kukan berbagai upaya yang variatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Dalam kegiatan pawai ini, kami juga meng­gandeng Komunitas Bikers Lalu Lintas Bukittinggi untuk ikut terlibat menyampaikan pesan-pesan moral dalam berlalu lintas kepada masya­rakat banyak,” jelas Rio Sigal.

Ia menambahkan, selama Maret 2016 hanya terdapat satu korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di wilayah hukum Polres Bukittinggi. Jumlah ini menurut Kasat Lantas jauh mengalami penurunan diban­ding selama periode Februari 2016.

“Selama Maret 2016, ha­nya satu korban lakalantas yang meninggal dunia, semen­tara pada periode Februari 2016 terdapat delapan korban yang meninggal dunia akibat lakalantas di wilayah hukum Polres Bukittinggi. Jadi, penu­runannya sangat signifikan,” ungkap Rio Sigal.

Rio Sigal berasumsi, penu­runan korban lakalantas yang meninggal dunia ini erat kai­tan­nya dengan peningkatan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan lalu lintas. Oleh karena itu, ia terus me­ng­im­bau kepada masyarakat yang membawa kendaraan untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas, serta lebih mengu­tamakan keselamatan selama dalam perjalanan.(h/ril)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]