68 Kasus DBD di Bukittinggi

Dua Orang Meninggal Dunia


Senin, 04 April 2016 - 04:21:37 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Hingga akhir Maret 2016, angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bukittinggi mencapai 68 kasus. Dari 68 kasus tersebut dua diantaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Bu­kit­tinggi Syofia Dasmauli me­ngatakan, untuk triwulan pertama (Januari-Maret) 2016, ter­dapat sebanyak 68 kasus DBD. Kasus ini me­nurun jika dibandingkan pada wak­tu yang sama pada tahun lalu yang terdapat  85 kasus. Dengan demikian, angka kasus DBD di Bukit­tinggi untuk triwulan perta­ma ini mengalami penu­runan secara signifi­kan.

“Dari data yang kita terima untuk triwulan perta­ma ini, 68 kasus DBD ter­sebut terdiri dari 18 kasus pada Januari, 38 kasus pada Februari dan 12 kasus pada Maret. Dengan Korban me­ninggal sebanyak 2 orang,” kata Syofia kemarin.

Adapun 2 orang yang meninggal akibat DBD itu ujarnya,  yakni salah seo­rang siswa SMPN 1 Bukit­tinggi pada awal Februari lalu. Korban meninggal du­nia setelah sempat dirawat selama dua hari di RS Yarsi. Kemudian seorang siswi SMPN 6 Bukittinggi yang menghembuskan nafas tera­kirnya di RS Yarsi Bukit­tinggi pada Senin (28/3) kemarin. Korban meninggal setelah sebelumnya dirawat selama 3 hari.

Meski angka terjangkit DBD di Kota Bukittinggi untuk triwulan pertama ini mengalami penurunan, na­mun upaya pencegahan ma­sih terus dilakukan. Salah satu adalah dengan menu­runkan kader kader kese­hatan ke tengah tengah masyarakat untuk penyu­luhan, sekaligus memeriksa kondisi rumah warga agar terhindar dari jangkit DBD.

Selain itu, Dinkes juga mengaktifkan kader kese­hatan mandiri yang berasal dari siswa SD hingga SMA. Kader mandiri ini dibekali kartu kontrol untuk meman­tau keberadaan jentik-jentik nyamuk di rumah, baik itu dikamar mandi, kamar tidur maupun rungan rumah. Kar­tu kontrol tersebut se­tiap bulan akan diserahkan pada petugas kesehatan untuk menentukan tindakan lebih lanjut.

Untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai kasus DBD, baru baru ini tim dari Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi juga mela­kukan pengasapan (Fog­ging), dikawasan Koto Ta­ngah Kelurahan Koto Sela­yan, Kecamatan Mandia­ngin Koto Selayan (MKS). Fogging yang dilakukan bertujuan untuk membunuh jentik Nyamuk Aedes aegypti  yang merupakan nyamuk penyebab penyakit DBD. 

Menurut Syofia, me­mang selama ini masyarakat meng­anggap fogging me­rupakan cara yang paling tepat me­ngatasi DBD, pa­da­hal sebe­narnya hal tersebut kurang tepat. Fog­ging hanya bisa membunuh nya­muk dewasa tanpa mema­tikan jentik-jentik nyamuk yang sangat ber­potensi me­nu­larkan kem­bali. Selain itu, penga­sapan juga akan meng­­gangu per­nafasan.

“Cara yang lebih pen­ting  dan efektif dalam anti­sipasi penularan DBD ini yakni dengan membia­sakan prilaku hidup bersih dan sehat (PH­BS) melalui pro­gram 3 M Plus. Oleh karena itu kita menghimbau kepada warga untuk senan­tiasa tang­gap dan waspada terha­dap DBD, kar­na DBD yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti bisa saja mengancam di mana-mana,” terang  Syofia. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 12:54:14 WIB

    Wagub Nasrul Abit Pantau Dua Bendungan di Padang

    Wagub Nasrul Abit Pantau Dua Bendungan di Padang HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melakukan peninjauan ke Bendungan di Gunuang Nago Kuranji dan Lubuk Kilangan, Senin(7/6/20). Menurut dia diperlukan kerjasama yang lebih intens antara Pemerintah Ko.
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 19:18:58 WIB

    Dua Wanita Pekerja Kesehatan Positif Covid-19 di Padang Panjang

    Dua Wanita Pekerja Kesehatan Positif Covid-19 di Padang Panjang HARIANHALUAN.COM - Dua warga Kota Padang Panjang yang terkonfirmasi virus Corona atau Covid-19 ternyata berjenis kelamin wanita. Keduanya penanganan isolasi mandiri sementara. Kedua warga tersebut yakni, wanita 44 tahun warga.
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 19:51:58 WIB

    Dua Warga Positif Covid-19 di Padang Berjenis Kelamin Pria

    Dua Warga Positif Covid-19 di Padang Berjenis Kelamin Pria HARIANHALUAN.COM - Pasca Empat hari nihil kasus positif Covid-19, Kota Padang kembali melaporkan dua orang warganya terkonfirmasi virus yang berasal dari Wuhan Cina ini, keduanya merupakan pria berumur 43 dan 46 tahun..
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 16:05:09 WIB

    Dua Pencuri Spesialis Sepeda Motor Berhasil Diamankan Polres Pariaman

    Dua Pencuri Spesialis Sepeda Motor Berhasil Diamankan Polres Pariaman HARIANHALUAN.COM - Jajaran Kepolisian Resor Pariaman berhasil menangkap tersangka pencuri spesialis sepeda motor pada Kamis (18/06). Tersangka ini mengaku telah melakukan 10 kali serupa berbagai Tempat Kejadian Perkara (TKP).
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 16:32:20 WIB

    Polda Sumbar Periksa Dua Saksi Terkait Pelaporan Ade Armando

    Polda Sumbar Periksa Dua Saksi Terkait Pelaporan Ade Armando HARIANHALUAN.COM - Polda Sumbar telah memeriksa dua orang saksi pihak pelapor terkait kasus dugaan Tindak Pidana pencemaran nama baik masyarakat Adat Minangkabau oleh akun oknum Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Ermando..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]