Mayarakat Padang Sibusuk Resah

Satu Malam, Lima Aksi Pencurian


Senin, 04 April 2016 - 04:22:10 WIB

SIJUNJUNG,HALUAN — Ketenangan warga Kenagarian Padang Sibusuk,  Kecamatan Kupitan sejak beberapa hari terakhir menjadi resah. Warga diresahkan dengan aksi maling  menyatroni beberapa rumah warga . Bahkan  dalam satu malam saja terjadi lima kali aksi pencurian.

Dari informasi yang di­pe­roleh haluan Sabtu  ada se­jum­lah warga kenagarian tersebut yang mengaku kehilangan laptop, uang, dan barang ber­harga lainnya seperti emas. Bahkan dalam satu malam terjadi lma kali aksi pencurian di beberapa rumah warga, namun dua aksi berhasil di­pergoki warga dan maling pun melarikan diri.

Seperti halnya yang di­ala­mi oleh, M Taslim (34) warga jorong Simancung Ke­naga­rian Padang Sibusuk yang kehilangan laptop saat dirinya pergi ke RSUD Sawahlunto bersama istrinya. Maling yang diduga mengetahui kondisi rumah korban menyatroni kediamannya tersebut dengan mengenakan sebo atau pe­nutup wajah dan mengancam mertua dari korban tersebut dengan pisau  yang ditinggal pergi sendirian karena men­jaga cucunya di rumah.

Dalam hari yang sama, dua  aksi pencurian juga terjadi di Jorong Guguk Tinggi Ke­nagari­an Padang Sibusuk, pelaku pencurian melakukan aksinya di salah satu rumah warga dan berhasil menggon­dol laptop dan uang tunai sebanyak dua juta rupiah, sementara satu aksi pencurian  di rumah warga di jorong dan hari yang sama dapat digagal­kan, karena korban terkejut saat pencuri tersebut berusaha mengambil kalung emas mi­lik korban dan korban lang­sung berteriak dan pencuri pun melarikan diri.

Menanggapai hal tersebut, Kapolsek IV Nagari AKP Armen Sirin yang dikon­fri­masi terkait kejadian tersebut, Minggu (03/04) mem­benar­kan terkait adanya laporan dari warga Nagari Padang Sibusuk yang menjadi korban pencurian. Dan saat ini pihak­nya masih melakukan pe­nge­m­bangan dan penyelidikan terhadap kasus tersebut. “La­po­r­an dari warga telah kami terima untuk kita tindak lan­juti, dan kita telah bekerja­sama dengan Stareskrim Pol­res Sijunjung untuk mengung­kap dan melacak siapa pelaku pencurian di rumah warga tersebut,” ujarnya.

Pihaknya juga  meng­him­bau kepada seluruh warga nagari Padang Sibusuk serta Kecamatan Kupitan agar me­la­kukan Siskamling dengan didampingi anggota Bha­binkamtibmas setempat un­tuk menyikapi aksi pencurian yang terjadi di lingkungan sekitar atau minimal warga di setiap Jorong untuk mengan­tisipasi aksi pencurian, seme­n­tara dari pihak Kepolisian tetap melaksanakan patroli keliling serta menerjunkan personil intel untuk mela­kukan pengamanan serta me­m­buat warga meraa aman dari aksi kejahatan terutama aksi pencurian yang terjadi di­malam hari, ketika warga sedang tidur. (h/ogi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]