PDAM Sawahlunto: 850 Sambungan Gratis di Pasang


Senin, 04 April 2016 - 04:29:17 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN-Dari 1000 sambungan gratis yang disediakan Peru­sahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sawahlunto bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk pen­yam­bungan tahun 2016, baru 850 orang yang men­daf­tar hingga sekarang ini.

Direktur PDAM Sawahlunto Syafnil kepada Haluan mengatakan, pemasangan sambungan air itu, merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU­PR), dalam mesukseskan reali­sasi target cakupan akses ketersediaan air bersih di seluruh wilayah Indonesia.

Program ini lanjutnya, sasarannya adalah masyarakat kategori miskin atau berpenghasilan rendah, yang diharap­kan dapat meningkatkan taraf hidup­nya, dan membantu memenuhi kebutu­han masyarakat kurang mam­pu, yang belum menikmati sam­bung­an air bersih secara layak. “Tim pusat dari Kementrian tengah turun kelapangan melakukan Base Land Survey (BLS), Setelah hasil survey itu baru ke 850 warga itu akan dilakukan pemasangan sam­bung­an airbersih,” katanya.

 Adapun yang menjadi salah satu kriteria masyarakat yang berhak men­dapat sambungan itu antara lain, reke­ning listrik tidak boleh lebih dari 900 watt. Hal ini guna memastikan pema­sangan sabungan gratis itu, sesuai dengan target dan sasaran penerimanya. Selain itu Dirjen Cipta Karya juga akan me­mas­tikan seluruh target lokasi sambungan baru, masih berada dalam cakupan layanan insta­lasi pipa induk PDAM. Kendati tidak tercapai hingga 1000 sambungan, namun hal tersebut cukup mem­bahagian kita ber­sama, karena oto­matis kebutuhan layanan akan air bersih bagi masyarakat di Sawahlunto terus meningkat cakupannya.

“PDAM sendiri tidak bisa me­maksakan warga lainya untuk  mela­kukan penyambungan, karena sebagian masyarakat telah menikmati air bersih yang difasilitasi oleh Pamsimas didaerah masing masing,’’ sebutnya. (h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 21:27:10 WIB

    160 Paket dari PDAM Padang Pariaman Dibagikan kepada Warga

    160 Paket dari PDAM Padang Pariaman Dibagikan kepada Warga PDAM Padang Pariaman turut berpartisipasi mendukung pemerintah membantu masyarakat yang terdampak virus Corona. Partisipasi itu dalam bentuk pemberian bantuan paket bahan pokok kebutuhan dasar masyarakat berupa beras, minyak.
  • Selasa, 14 April 2020 - 10:54:04 WIB

    Kualitas Air Keruh, Direktur PDAM Pasaman Minta Maaf ke Pelanggan

    Kualitas Air Keruh, Direktur PDAM Pasaman Minta Maaf ke Pelanggan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Direktur PDAM Tirta Dharma Kabupaten Pasaman, Ahmad Subur menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggannya, terkait kualitas air yang keruh sejak beberapa hari terakhir. .
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 16:58:38 WIB

    PDAM Sawahlunto Sakit, Butuh Rp25 M untuk Perbaikan

    PDAM Sawahlunto Sakit, Butuh Rp25 M untuk Perbaikan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Butuh Rp25 miliar bagi pemerintah Kota Sawahlunto, untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang tengah tejadi Perusaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat..
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 15:19:15 WIB

    Ahmad Subur Siap Benahi PDAM Pasaman

    Ahmad Subur Siap Benahi PDAM Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM --Segudang persoalan dalam tubuh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Pasaman menjadi pekerjaan rumah yang wajib diselesaikan oleh direktur baru di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu. .
  • Kamis, 28 November 2019 - 15:53:57 WIB

    PDAM Sawahlunto Dapat Penyertaan Modal Rp250 Juta

    PDAM Sawahlunto Dapat Penyertaan Modal Rp250 Juta SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sawahlunto mendapatkan suntikan anggaran dalam APBD Kota Sawahlunto 2020, berupa penyertaan modal sebesar Rp250 juta, yang ditujukan untuk pembelian trav.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]